Connect with us

Tak Berkategori

Tim Satgas Covid-19 Kaimana Dapat Sumbangan Bahan Disinfektan

Published

on

KAIMANA, JAGATPAPUA.com – Puluhan pedagang Pasar Kroy di Kota Kaimana yang terdiri dari kaum ibu rumah tangga, Rabu (25/3/2020), melakukan penggalangan aksi memerangi penyebaran wabah Virus Corona (Covid 19) diwilayah tersebut.

Mereka mengumpulkan sejumlah cairan pembersih lantai dan pemutihan noda pakaian berbahan dasar kimia, seperti cairan Vixal, Porstex, Wipol, dan Bayclin, kemudian diserahkan kepada Tim Satgas Covid 19 untuk dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan cairan disinfektan.

Koordinator aksi, Irma Zaluchu mengatakan ini merupakan aksi spontanitas dan bentuk kepedulian para pedagang Pasar Inpres Krooy, untuk menyumbangkan cairan pembersih dan pemutih agar bisa dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan cairan disinfektan.

“Memang sebagian masyarakat sudah mulai membeli, tetapi kami berinisiatif mengumpulkan cairan ini untuk diserahkan kepada Satgas, agar nanti dari Satgas yang mengatur dan menyemprotkan untuk kepentingan bersama,” jelasnya.

Dia mengatakan aksi pengumpulan vairan ini dilakukan, sejak pukul 08:30 WIT. Dan setelah semua sudah terkumpulkan, selanjutnya akan diserahkan ke Tim Satgas Covid 19, untuk selanjutnya diproses menjadi cairan disinfektan.

“Kami harap dengan bantuan ini, maka sedikit meringankan beban Satgas Covid 19 dan membantu warga Kaimana terhindar dari Covid 19,” tutupnya.(lc)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tak Berkategori

Bawaslu Gelar Sosialisasi, Ingatkan Netralitas ASN Dalam Pilkada

Published

on

Peserta Kegiatan Sosialisasi Netralitas ASN Rabu (29/7/2020) di Swisbel Hotel Manokwari.

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Manokwari menggelar Sosialisasi Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN). Itu untuk mengingatkan ASN agar berada pada posisi yang benar saat Pemilu 9 Desember 2020 mendatang.

Ketua Bawaslu Manokwari, Syors Prawar dalam arahannya Rabu (29/7/2020) mengatakan, keterlibatan ASN dalam Pemilukada 2020 Haru berada pada posisi yang benar.

“Artinya Netral agar tidak melanggar aturan. Jangankan itu, like di medsos saja bisa dipanggil pihak penyelenggara,” ujarnya.

Selain itu, Pasangan calon juga dilarang melibatkan ASN maupun TNI/Polri, termasuk Kepala Desa dan perangkat desa lainnya dalam kepentingan Pilkada.

Sebelumnya lanjut Syors, waktu deklarasi Pencalonan pada pilkada tahun sebelumnya, Bawaslu sudah memanggil 1 ASN dan diberikan teguran. Yang harus diingat ASN bahwa boleh datang dalam kampanye politik Pasangan Calon, tetapi tidak mengambil bagian didalamnya. Apalagi terlibat dalam struktur tim pemenangan.

Ketua Bawaslu Manokwari, Syors Prawar Saat Membuka Kegiatan Sosialisasi Netralitas ASN Dalam Pilkada 2020.

“Bawaslu punya waktu penanganan pelanggaran hanya 7 hari, data yang sudah lengkap tetap diproses. Kami serius dan tidak main-main kalau terbukti kita proses. Tapi bagi saya itu bukan yang kita inginkan, tetapi bagaimana kita mengawal pilkada Manokwari berjalan baik sehingga diperlukan kerja sama semua pihak termasuk ASN,”tandas Syors.

“UU RI No 10 /2016 tentang perubahan kedua atas UU No1/2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU No 1/2014 tentang pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi UU. Berdasarkan Pasal 15 ayat (1) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 42 Tahun 2004, terhadap pelanggaran berbagai jenis larangan kepada PNS dikenakan sanksi moral,” pesannya

Melalui kegiatan sosialisasi itu, Bawaslu juga berupaya semaksimal mungkin melakukan rapat koordinasi maupun sosialisasi untuk mmeberikan arahan-arahan.

“Dalam UU Tahun 2004 pasal 10 itu bukan bicara dilarang lagi tapi pidana.
jangan hanya karena keterlibatan ASN sehingga dipidana,” tandasnya.(me)

Continue Reading

Tak Berkategori

Meski Pandemi Corona, Petani Mansel Tetap Panen Padi

Published

on

Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran saat meninjau hasil panen padi sawah di Distrik Oransbari.

MANSEL, JAGATPAPUA.com – Pertanian di Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), sedang memasuki masa panen padi. Dengan demikian, adanya panen ini memastikan ketersedian pangan di daerah itu aman di tengah Pandemi Virus Corona (Covid 19).

Bahkan Hasil panen perdana musim tanam tahun ini diperkirakan akan mancapai 90 ton beras bersih, dengan luas sawah keseluruhan 640 hektar.

Kepala Dinas KPHP Mansel, H. Buah mengatakan panen perdana pada musim ini akan dibagi dalam dua gelombang, yakni pertama 30 April dilahan seluas 45 hektar dan kedua tanggal 10 Mei 2020.

“Selama tiga bulan sampai Juni nanti beras kita akan mencapai 90 ton, ditambah 10 ton stok di gudang akan mencapai 100 ton beras,” ucapnya.

Dengan adanya panen ini lanjut dia kebutuhan pangan seperti beras di Kabupaten Mansel sangat tercukupi.

“Pak Bupati juga telah perintahkan hasil panen ini untuk stok kita di Mansel, karena pemda akan akomodir stok kebutuhan selama penanganan Covid 19,” tutupnya.(nae)

Continue Reading

Tak Berkategori

Pihak Swasta Diminta Partisipasi Penanganan Covid-19

Published

on

Anggota DPRD Manokwari Romer Tapilatu.

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Anggota DPRD Manokwari Romer Tapilatu, menilai partisipasi pihak swasta dalam membantu pemerintah dalam penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) masih minim. Padahal penanganannya harus dilakukan bersama-sama terutama dari masyarakat.

“Untuk penanganan Covid-19, bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tapi pihak swasta atau perusahaan yang berinvestasi di Manokwari juga harus terlibat. Bila perlu mereka disurati atau dikumpulkan lalu pemerintah menyampaikannya,” jelasnya.

“Saya melihat sejauh ini partisipasi pihak swasta masih minim, padahal banyak perusahaan dan pengusaha besar di Manokwari,” ungkapnya.

Baginya pemda perlu membagi tugas dengan pihak swasta. Dicontohkan misalnya ada perusahaan bertugas menyiapkan bahan makanan untuk masyarakat, atau menyiapkan APD untuk petugas medis.

Disisi lain politisi PKPI itu mengapresiasi sejumlah relawan yang membantu tim yang sudah dibentuk oleh Pemda.

“Disini ada Pabrik Semen, ada perusahaan Kelapa Sawit. Hotel besar juga sudah banyak di Manokwari. Pelaku usaha ini perlu mendukung kerja Pemda. Dengan kebersamaan maka kerja pemda menjadi lebih ringan,” tutup dia.(tik)

Continue Reading

Trending

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta