Connect with us

DPRD Manokwari

Pemda Manokwari Alokasikan Rp 15 M Untuk Penanganan Covid-19

Published

on

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Pemerintah Kabupaten Manokwari, berupaya serius menangani penyebaran kasus Covid-19 di wilayah tersebut. Pemerintah langsung mengalokasikan anggaran khusus dari APBD untuk penanganan kasus Covid-19.

Alokasi anggaran yang disepakati pada pertemuan antara Pemkab dan DPRD Manokwari, Rabu (25/3/2020), sebesar Rp. 15.312.817.000.

Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan mengatakan alokasi anggaran tersebut diambil dari Silpa tahun 2019 lalu.

“Kita ambil langkah strategis untuk pengendalian dan penanganan covid-19 yaitu menyetujui anggaran untuk tim yang sudah dibentuk,” ucap Bupati.

“Jumlah anggaran sekitar 15 milyar, tinggal secara teknis peruntukannya akan diatur. Anggaran ini untuk estimasi selama 6 bulan kedepan sambil melihat perkembangan covid 19,” ungkap Demas.

Bupati juga mengatakan, sejumlah peralatan sudah dipesan mengingat kebutuhan yang mendesak, terlebih sampel pasien yang dalam pengawasan sudah dikirim ke Kementrian Kesehatan untuk dilakukan pemeriksaan.

Sementara, pertemuan itu Wakil Ketua DPRD Manokwari Bons Rumbruren mengatakan pihak pemda harus cepat bergerak. Secara kelembagaan pihaknya menyetujui alokasi anggaran tersebut.

Dari data yang dihimpun, alokasi anggaran untuk sejumlah kebutuhan, seperti honor, konsumsi dan BBM.(tik)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DPRD Manokwari

Dampak Covid-19, Anggota Dewan dari PKS Berikan Bantuan Paket Sembako

Published

on

Dampak Covid-19, Anggota Dewan dari PKS Berikan Bantuan Paket Sembako

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Anggota DPRD Manokwari dan DPR Papua Barat, dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), memberikan bantuan paket sembako kepada masyarakat yang terdampak Corona Virus (Covid-19).

Bantuan sebanyak 500 paket ini diserahkan secara simbolis, Kamis (2/4/2020) di sekretariat DPD PKS Manokwari.

Ketua DPD PKS Manokwari Masrawi Aryanto, mengatakan aksi ini merupakan perintah dari DPP PKS untuk membantu warga yang terdampak secara ekonomi.

“Paket berisi beras, minyak goreng, gula dan telur. Kalau dilihat nilainya tidak banyak tapi ini sebagai perhatian dari PKS. Apalagi harga juga mulai naik otomatis memberatkan warga, dan bantuan ini dari sebagian gaji kita,” ujarnya.

Dia mengatakan, pembagian sembako akan dilakukan secara bertahap dan penerimanya merupakan orang yang memang layak untuk menerima karena penghasilannya berkurang terutama diwilayah kota, seperti para tukang ojek, pedagang kaki lima (PKL), mama-mama yang berjualan di pasar dan yang tidak memiliki pekerjaan tetap.

Sementara itu, dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, PKS sebelumnya juga telah melakukan penyemprotan disinfektan disejumlah lokasi, seperti mesjid, gereja, rumah warga, bahkan di fasilitas publik lainnya.(tik)

Continue Reading

DPRD Manokwari

Pandemi Corona, DPRD Manokwari Sepakat UN Ditiadakan

Published

on

Ketua Komisi A DPRD Manokwari Masrawi Aryanto.

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Ketua Komisi A DPRD Manokwari Masrawi Aryanto, menyambut baik keputusan pemerintah pusat yang membatalkan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) karena mewabahnya Corona Virus (Covid-19) disebagian besar provinsi di Indonesia.

Politisi PKS itu menilai dikuatirkan jika tetap melaksanakan UN dapat semakin menyebarkan virus tersebut.

“Jika UN tetap dilaksanakan, sekolah bisa menjadi salah satu tempat yang berpotensi menyebarkan covid-19. Untuk itu sejak beberapa waktu lalu aktifitas belajar-mengajar ditiadakan di sekolah,” ungkap Masrawi, Selasa (31/3/2020) via telepon.

Dia mengatakan, psikologis para siswa juga sangat terpengaruh dengan informasi Covid-19. Bahkan orang tua siswa juga merasa was-was jika anaknya tetap bersekolah.

”Kita sebagai orang tua juga kuatir jika siswa tetap bersekolah karena pasti akan berkumpul dengan teman-temannya. Kalau dalam keluarga ada yang tertular, maka yang lainnya juga bisa tertular. Meski memang dengan berdiam diri dirumah membuat anak-anak merasa bosan tapi himbauan pemerintah ini harus diikuti,” jelasnya.

Dia menambahkan adanya pembatalan pelaksanaan UN di seluruh tingkatan dari SD hingga SMA sederajat, maka penentuan kelulusan akan dikembalikan pada sekolah masing-masing.(tik)

Continue Reading

DPRD Manokwari

Dewan Desak Pemkab Manokwari Cairkan Anggaran Tanggap Darurat

Published

on

Wakil Ketua I DPRD Manokwari Norman Tambunan.

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Wakil Ketua I DPRD Manokwari Norman Tambunan, mendesak Pemkab segera merealisasikan alokasi anggaran bagi tanggap bencana Covid-19, yang telah disepakati sebesar Rp15 milyar.

Dia mengatakan hal itu penting agar anggaran tersebut dapat digunakan untuk melengkapi peralatan petugas medis, yang hingga kini masih minim.

“Anggaran bagi Satgas pencegahan Corona Manokwari harus segera direalisasikan. Apalagi petugas medis dan relawan juga telah keluhkan peralatan yang masih minim,” ujar Norman Senin (30/3/2020) melalui teleponnya.

Politisi Golkar itu juga mengingatkan anggaran yang nantinya dicairkan dapat dipergunakan sebaik mungkin dan dilakukan pengawasan.

“Anggarannya harus diawasi agar tidak ada pihak-pihak tertentu yang memanfaatkannya dengan tujuan yang lain. Apalagi ini anggaran tanggap bencana,” tambah dia.

Selain itu, lanjut dia kedepan Pemkab juga bisa mengalokasikan anggaran tidak hanya untuk pencegahan dan penanganan Covid-19, tetapi dampak dari kebijakan tinggal didalam rumah dan karantina wilayah.

“Harus dipikirkan adanya karantina wilayah dan himbauan tetap didalam rumah, tentu warga miskin paling merasakan dampaknya, agar kedepan harus dipikirkan alokasi anggaran untuk penyediaan sembako, sehingga tidak hanya alokasi anggaran untuk alat kesehatan saja,” tutup dia.

Norman juga mendukung instruksi bupati, yang melarang masyarakat keluar daerah serta menghimbau yang diluar daerah untuk sementara waktu tidak masuk ke Manokwari.(tik)

Continue Reading

Trending

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta