2 C
Munich
Kamis, April 18, 2024

Pertamina Patra Niaga Papua- Maluku Pastikan Pasokan BBM Dan LPG Aman Selama Idul Fitri 1445 Hijriah

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– Pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) semua jenis di Papua Barat dipastikan aman selama hari raya idul Fitri 1445 H/2024.

Hal itu diungkapkan Sales Branch Manager Pertamina Patra Niaga Wilayah II Papua Barat Muhammad Bisma Abdillah kepada awak media, usai buka puasa bersama Wartawan pada Selasa (26/3/2024) di Manokwari.

Untuk Pasokan BBM subsidi Khususnya di SPBU Papua Barat dan khususnya Kabupaten Manokwari dipastikan aman menjelang dan selama perayaan idul Fitri 1445 hijriah tahun 2024.

“Kita sudah siapkan penambahan alokasi untuk jenis BBM solar, pertalite juga Pertamax dan dexlite. Untuk BBM subsidi ini khusus solar dan Pertalite sudah ditambahkan per bulan Maret sampai April menjelang satgas hari raya idul Fitri sebesar 15 hingga 20 persen dari alokasi normal untuk semua SPBU, dari SPBU reguler, Kompak hingga SPBU nelayan,”ungkap Muhammad Bisma.

Menurut Bisma, Penambahan 15 hingga 20 persen pasokan BBM ini dilihat dari stori 3 bulan terakhir dari alokasi normal, juga dilihat dari beberapa tahun belakangan pada saat perayaan idul Fitri

“Untuk jenis Pertamax dan Dexlite juga kita tetap siaga memonitor kondisi BBM di SPBU- SPBU ataupun pertashop yang memang sering melakukan penambahan pasokan BBM,”ujarnya

Selain alokasi BBM subsidi PT Pertamina juga menawarkan kredit untuk SPBU dan pertashop yang memerlukan bantuan dana dalam penebusan BBM selama idul Fitri

Karena ada beberapa bank yang tidak membuka pelayanan karena libur menjelang hari raya idul Fitri sehingga menjadi kendala bagi SPBU dan Pertashop yang akan melakukan transaksi cash pembelian BBM.

“Nah ini kita berikan fasilitas untuk kredit penebusan BBM sehingga satu, dua bahkan tiga hari bisa tercover stok BBM yang akan dipesan dan diantar ke SPBU tersebut,”imbuhnya

Untuk harga BBM sejauh ini tambah Bisma, masih normal meski Pertamax dan dexlite biasanya berubah harga. Tetapi pihaknya akan terus memantau perkembangan harga terutama pada puncak hari raya idul Fitri di April mendatang apakah ada kenaikan harga atau tidak.

“Intinya pasokan BBM kita perkirakan aman selama hari raya idul Fitri,”tuturnya

Sementara untuk stok Liquified Petroleum Gas (LPG) juga dipastikan masih aman. Karena khusus di Manokwari ada 2 agen yang menyediakan LPG 5,5 Kg, 12 Kg dan 50 Kg.

Sesuai hasil upgrade 2 pekan lalu yang dilakukan PT Pertamina masih ada ready stok sekitar 2.500 tabung yang tersedia total akumulasi 5,5 kg dan 12 kg namun untuk masing-masing ukuran LPJ 5,5 Kg kisaran 400 sampai 500 tabung, sisanya yang ukuran 12 kg ada 2000 tabung.(jp/ask)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta