5.6 C
Munich
Selasa, April 16, 2024

Staf Pemkab Maybrat Dilatih Gunakan Teknologi Drone

Must read

KUMURKEK, JAGATPAPUA.com – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Maybrat, menggelar pelatihan pemetaan lahan dengan teknologi drone. Pelatihan ini bekerjasama dengan UPT Geospasial Universitas Negeri Papua, di Vaitmayaf, Selasa, (23/7/2019).

Pelatihan tersebut dibuka Sekda Maybrat, Drs. Aguatinus Saa, M.Si, dan dihadiri utusan staf dari masing-masing Dinas dilingkup Pemkab Maybrat.

Sekda mengatakan pelatihan ini merupakan hal yang baru, dalam pemenuhan kebutuhan kantor terkait data.

“Laporan ke pusat maupun provinsi harus menggunakan data. Sehingga teknologi ini penting, agar kedepan ada pemetaan potensi pertanian, pertanahan, perkebunan, kehutanan dan lainnya,” ujar Sekda.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Maybrat, Marthen Howay, S.Sos mengatakan penggunaan teknologi drone dan aplikasi doftware penting dalam pengolahan data pemetaan serta penyediaan data spasial.

Hal ini, untuk mengetahui penggunaan lahan pertanian berdasarkan komoditas tani di setiap distrik dan kampung.

“Teknologi ini penting bagi rumpun pertanian, perkebunan dan lainnya, karena ada kaitan dengan data potensi daerah,” terangnya.

Dia berharap kegiatan tersebut dapat terus berlanjut sebab wilayah Maybrat cukup luas, sehingga pemetaan tidak hanya menggunakan GPS, tetapi juga drone untuk memotret, memetakan dan lainnya.

Ketua panitia, Okto Dommi T Allo, S.Hut, menambahkan kegiatan ini akan dilaksanakan selama lima hari, dengan materi teori dan praktek, yang dibimbing oleh tim instruktur dari UPT Geospasial Unipa.

“Diharapkan peserta bisa memahami teknik menerbangkan drone secara manual untuk pengambilan foto dan video, selanjutnya autpilot untuk pengambilan data lahan yang akan diproyeksikan menjadi peta,” tandasnya.(es)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta