12.3 C
Munich
Rabu, Mei 22, 2024

Gubernur Beberkan Sejarah Singkat Masuknya Injil di Samfarmum

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan M.Si menghadiri peringatan HUT PI (Pekabaran Injil) Ke-100 Tahun, sekaligus meresmikan Tugu PI di Samfarmum, Distrik Sukorem.

Dalam sambutannya, Dominggus membeberkan sejarah singkat masuknya Injil di Samfarmum, pada Tahun 1917, yang dibawa oleh Almarhum Abraham Nikolas Hahuri.

Nikolas Hahuri, ditugaskan dari Ambon oleh sending di jemaat Samate Raja Ampat, selama 2 tahun, kemudian atas permintaan Hendrik Sawi Bondopi, untuk mendapatkan guru Penginjil, maka ketika itu sending mengutus Abraham untuk ditugaskan pada daerah Samfarmun.

Tepatnya pada tanggal 1 Juni 2019 atau 100 tahun lalu, Abraham Nikolas Hahuri menginjakan kaki dan berdoa memohon kepada Tuhan atas penyertaanNya, maka pelayanan penginjilan pertama di tanah Papua dapat diwujud nyatakan di Samfarmun.

“Kepada seluruh jemaat, serta pimpinan gereja agar selalu tekun untuk bekerja diladang Tuhan, dengan demikian kita dapat meneruskan misi dari para misionaris guna melakukan pelayanan kepada sesama umat manusia,” kata Dominggus, Sabtu (1/6/2019) di Gedung Gereja Jemaat Yerusalem Baru Klasis GKI Amberbaken.

Menurut Dominggus, perjalanan pekabaran Injil oleh para penginjil saat itu tentunya mendapat banyak tantangan yang luar biasa.

Namun oleh kasih dan penyertaan Tuhan, serta kekuatan Injil, para pahlawan Allah, dapat membuka tabir kegelapan di tanah Papua, terlebih khusus wilayah Amberbaken, dengan membawa kabar terang.

Sesuai tema, “Injil adalah kekuatan Allah,” dan sub tema, “Dengan HUT PI ke 100 tahun dan peresmian tugu Pekabaran, Dominggus, berharap seluruh jemaat untuk lebih meningkatkan pelayanan Iman, serta kualitas penginjilan, baik itu dalam keluarga maupun sehari-sehari.

Untuk mengenang sejarah masuknya Injil di Samfarmun, maka jemaat membangun Tugu PI, yang permanen sekaligus merayakan HUT PI yang saat ini genap berusia 100 Tahun di Jemaat Yerusalem Baru Klasis GKI Amberbaken.

Selain perayaan HUT PI Gubernur Papua Barat, juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan pagar Jemaat Lahai-Roi Klasis GKI Amberbaken.(**/rls)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta