23.4 C
Munich
Kamis, Juni 17, 2021

Gubernur Ajak Masyarakat Bercocok Tanam Dimasa Pandemi Covid 19

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com-Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan mengajak masyarakat untuk bercocok tanam guna memenuhi kebutuhan pangan di masa Pandemi Covid 19. Gubernur mengatakan ini saat Pencanangan Tanam Padi Sawah di SP3, Wasegi Indah, Rabu (17/6/2020).

Untuk memenuhi itu, Gubernur meminta masyarakat pedesaan untuk memaksimalkan dana bantuan dari pemerintah baik Bantuan Langsung Tunai (BLT) maupun Program Padat Karya Tunai yang bersumber dari Dana Desa, untuk membeli bibit pangan lokal dan menanam.

“Lahan yang bisa digunakan kita maksimalkan dengan sumber dana bantuan yang ada. Dana desa dari Kemendes untuk daerah tertinggal setiap tahun dikucurkan ke semua desa termasuk kita di Papua Barat, itu juga bisa dimaksimalkan,” ujarnya.

Selain menanam padi , juga pangan lokal lainnya sebagai sumber bahan pangan.

“Makanan lokal seperti Singkong, petatas, jagung juga sayuran yang hanya berusia panen 4-8 bulan. Itu Tak harus dilahan yang luas tetapi manfaatkan lahan dipekarangan atau lahan terbuka,” ungkapnya sembari mengatakan bahwa hal itu merupakan langkah antisipasi kedepan.

“Kita tidak tahu kapan kondisi ini berakhir, ini yang selalu saya dorong sehingga ketahanan pangan kita tetap stabil, siap dan dikonsumsi masyarakat dan keluarga masing-masing,”pungkasnya. (alb)

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article