5.6 C
Munich
Selasa, April 16, 2024

Bupati : Perlu Ada Inovasi Dalam Memacu Peningkatan PAD

Must read

KUMURKEK, JAGATPAPUA.com – Bupati Maybrat, Bernard Sagrim, menilai pendapatan asli daerah (PAD) harus diraih dengan cara ekstensifikasi, yakni dengan mengembangkan pendapatan dari sektor-sektor yang belum tersentuh pajak.

“Selama ini kita lebih cenderung melihat kepada uang yang kita dapat dan gunakan, tetapi kita tidak memperhatikan bagaimana memacu Pendapatan Asli Daerah (PAD),” ungkap Sagrim.

Menurut Sagrim, untuk meningkatkan PAD, maka kelompok pendapatan terkait dengan kreatifitas pemerintah daerah perlu dijalankan, seperti sistem transportasi umum.

“Sistem transportasi umum bisa kita terapkan, seperti angkutan ke perkantoran, distrik, pasar maupun lainnya, termasuk penarikan retribusi dari usaha yang dikelola oleh pemerintah, seperti koperasi simpan pinjam,” terang Sagrim.

Selain itu, inovasi lain dalam meningkatkan PAD adalah menarik pendapatan yang sah dari biaya perjalanan dinas para pejabat.

“Seperti ada pejabat lagi dinas luar atau dalam daerah, misalnya mendapat biaya perjalanan dinas Rp3.000.000, mereka wajib setor Rp100.000 ke PAD. Hal semacam ini tentu dapat menaikan PAD kita,” tandas Sagrim.(es)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta