18.4 C
Munich
Sabtu, Agustus 13, 2022

BPS Kaimana Sosialisasi Penguatan Statistik Sektoral dan Canangkan ‘MARSI’

Must read

KAIMANA,JAGATPAPUA.com— Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kaimana menggelar Sosialisasi Penguatan Statistik Sektoral dan Pencanangan Desa Cinta Statistik. Agenda tersebut sebagai bagian menindaklanjuti amanat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 tahun 2019 tentang “Satu Data Indonesia”.

Perlu diketahui, prinsip Satu Data Indonesia adalah memastikan data yang diproduksi oleh produsen data, dalam hal ini sesuai standar, menggunakan metadata baku, kode referensi dan data induk.

Sambutan tertulis Bupati yang dibacakan Kepala Bagian Kesra Setda Kaimana, Kosmas Sarkol mengapresiasi Badan Pusat Statistik yang terus berperan aktif dalam proses penyediaan data berkualitas. Hal tersebut merupakan rangkaian besar penguatan tata kelola data dilingkup Pemkab Kaimana.

Keunggulan adanya penyediaan data sektoral semua OPD menjadi suatu inovasi tata kelola pemerintahan Kaimana. Kemudian berguna, sebagaimana keterbukaan informasi publik terkait data sektoral diketahui bersama dan merupakan potret pembangunan.

“Peran Pemerintah Daerah baik dari level provinsi hingga Desa/ Kelurahan dalam sistem tersebut adalah sebagai produsen data. Hal ini berarti pemerintah daerah harus punya kemampuan menghasilkan data yang sesuai dengan prinsip Satu Data Indonesia,” Ujar Kabag Kesra Setda Kaimana, Kosmas Sarkol.

Ditambahkannya, Badan Pusat Statistik telah membuat program Desa Cinta Statistik tahun 2021, tujuannya memperluas jangkauan dan menguatkan peran pembina data hingga ke tingkat terkecil. Selain itu dilakukan agar desa/kelurahan secara mandiri dapat memenuhi kebutuhan data sebagai dasar pembangunan.

Dirinya juga menghimbau kepada seluruh OPD dan pihak terkait selalu membangun koordinasi dan kolaborasi bersama BPS Kabupaten Kaimana dalam pelaksanaan statistik sektoral dan program “Desa Cantik”.

“Kami juga siap mendukung pelak kegiatan statistik sektoral dan program Desa Cinta Statistik di Kabupaten Kaimana secara khusus di Desa Marsi,” Tegasnya menyatakan dukungan pemerintah daerah.(jp/rls)

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta