26 C
Munich
Senin, Juli 15, 2024

Aspirasi Dukung Dominggus Periode Ke-2 Berkembang Dalam Raker Suku Byak

Must read

YENSAWAI,JAGATPAPUA.com– Terkuak dalam Raker I Suku Byak di Yensawai Timur, distrik Batanta Utara, Raja Ampat, masyarakat adat Biak, delegasi dan mananwir (kepala suku), serta para mansonanem suku Byak menyuarakan salam dua periode kepada Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan M.Si.

Dari Perkembangan itu tentu akan dibawa dan diputuskan dalam rapat terbatas (Ratas) tim perumusan dan diplenokan oleh pengurus suku byak Provinsi Papua Barat.

“Mungkin berkaitan dengan masa politik tapi saya rasa wajar-wajar saja suku byak juga mengambil kebijakan-kebijakan politik, karena bagaimanapun juga yang jelas hari ini orang byak di papua barat menjadi penyumbang suara politik terbesar di Papua barat setelah suku Nusantara,”kata Senator DR Filep Wamafma SH.,M.Hum C.L.A menanggapi perkembangan dukungan suku Byak untuk Drs Dominggus Mandacan M.Si periode ke-2 dalam Raker Suku Byak tersebut.

Sehingga menurut Senator Filep, tidak ada salahnya dalam alam demokrasi ini urusan politik, dan suku Byak juga tentu memiliki dampak terhadap eksistensi secara umum termasuk eksistensi politik.

“Jadi saya pikir tidak menjadi soal ya,”ketus Mansonanem Filep

Filep yakin bahwa keputusan politik orang byak kedepan sangat jelas dan sudah terbaca dalam Raker.

“Intinya adalah anak-anak byak yang memiliki kompetensi dan peran, serta para Mananwir memberikan dukungan sehingga baik itu dimana saja, bisa terlibat dalam pembangunan di berbagai sektor,”tandasnya

Sedangkan keputusan politik soal siapa yang nanti didukung ada forum rapat khusus untuk pengambilan keputusan, tetapi menurut Filep yang berkembang dalam diskusi dinamika dalam raker suku Byak adalah untuk Drs Dominggus Mandacan M.Si Gubernur Papua Barat saat ini.

“Bukan keputusan tetapi yang berkembang dalam raker tersebut, selain hubungan kultur budaya tetapi juga hubungan emosional,”ungkap Mansonanem Filep Wamafma.

“Orang byak jangan dianggap remeh, kita punya hitung-hitungan juga dan hari ini saya bisa katakan bahwa orang byak menentukan masa depan Papua barat,”tutupnya.

Sementara Kepala suku Byak Papua Barat Hengky Korwa menyatakan secara tegas bahwa ketika Gubernur Dominggus Mandacan datang dan membuka Raker Suku Byak maka secara tidak langsung keluarga besar Biak di Papua Barat harus bertanggung jawab dan satu komitmen mendukung gubernur pada periode ke-2 Pilgub 2024.

“Aspirasi yang berkembang dalam diskusi raker Byak, akan disimpulkan oleh tim perumus dalam suatu agenda besar bagi suku Biak di Papua Barat,”tandas Mananwir Suku Byak Papua Barat.(jp/adv)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta