1.4 C
Munich
Selasa, April 23, 2024

Tingkatkan SDM Dosen, STIH Gelar Pelatihan Penyusuan RPS

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Manokwari, menggelar Pelatihan Penyusunan Rencana Pembelajaran Sementara (RPS), bagi dosen tetap dan dosen luar biasa (DLB) pada 7-8 September 2023.

Ketua STIH Manokwari Dr. Filep Wamafma, S.H., M.Hum., C.L.A, mengatakan pelatihan ini merupakan wujud komitmen untuk mengembangkan kapasitas dosen internal dan eksternal di lingkungan STIH dengan terus dibekali materi dan wawasan yang komprehensif.

“Saat ini, STIH Manokwari memiliki dosen tetap dan dosen luar biasa. Diharapkan pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan dosen untuk semakin profesional sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” sebutnya.

“Dan kita terus berupaya meningkatkan kapasistas SDM dosen yang semakin profesional, tanggap dengan kemajuan IPTEK, dalam rangka pencapaian visi misi STIH Manokwari,” sambungnya.

Ditambahkan, memasuki semester ganjil ini tentu para dosen harus menyiapkan diri untuk menerapkan pola mengajar yang maksimal kepada mahasiswa secara baik dan benar.

Selain itu, dosen STIH juga harus dapat menerapkan konsep Merdeka Belajar dalam silabus atau RPS sebagaimana penerapan sistem kampus Merdeka di lingkungan STIH Manokwari.

“Saat ini kita lebih mudah meningkatkan kapasitas diri dan institusi, karena sudah ada kerjasama yang memberikan ruang bagi dosen. Sehingga dosen juga dapat menerapkan ilmu pembelajaran yang lebih maksimal,” ucapnya.

Sementara, Kepala LLDikti wilayah 14 Papua yang diwakili oleh Heru Sukoco menyampaikan apresiasi terhadap STIH Manokwari.

Pasalnya, lanjut dia, pelatihan ini memberikan manfaat yang maksimal bagi dosen untuk menerapkan sistem mengajar yang maksimal, termasuk menyiapkan dokumen mengajar pada proses perkuliahan kedepannya.

Adapun pelatihan ini menghadirkan pemateri yakni dosen Fakultas Hukum Universitas Jenderal Sudirman, Dr. Abdul Aziz Nazihudin, S.H., M.M., M.H.(rls/jp)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta