3.5 C
Munich
Sabtu, April 20, 2024

Setiap Anak Itu Unik, Bukan Hanya Pintar di Atas Kertas

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com– Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS), SMAN 01 Manokwari, menggelar Pentas Seni di Gedung Olahraga (GOR) Sanggeng, Kamis (2/5/2019) malam.

Kepala Sekolah SMAN 01 Manokwari, Lucinda P Mandobar mengatakan, kecerdasan anak-anak itu bukan hanya dinilai dari nilai akademiknya saja.

“Kebanyakan orang tua hanya memberikan respon lebih dan bangga kepada anak-anak apabila nilai mereka didalam ilmu pengetahuan sangat memuaskan,” ungkap dia.

Namun, kata dia, jangan hanya menilai anak-anak itu diatas kertasnya saja, tetapi memberikan penilaian itu dari proses bagaimana mereka berkembang, dan sebagai orang tua harus mendukung akan kreativitas anak-anaknya.

“Anak-anak itu unik,  sehingga perlu adanya dorongan sekaligus perhatian lebih dalam mengasah kreativitas mereka, tidak hanya otak yang smart akan Matematik, IPA atau Fisika akan tetapi bakat mereka juga harus diapresiasi,” jelasnya.

Di dalam pendidikan nilai-nilai budaya harus dijunjung, jangan sampai generasi kita terpangaruhi zaman. Untuk itu peranan orang tua sangat penting, dalam menanamkan nilai-nilai kebudayaan bangsa kita sendiri.

“Nilai budaya harus diangkat, jangan karena perkembangan teknologi, akhirnya mereka sibuk dengan gadget, game bahkan hal lainnya yang membuat mereka lupa akan budayanya, karena itu sangat disesalkan,” ujarnya.

“Justru dengan mengasah akan kreativitas terdapat bakat  didalamnya yang nantinya menjadikan mereka lebih berarti,” tambahnya.

Ketua Panitia, Sinariya Djalimun berharap, kiranya kegiatan ini terus berlangsung, dan terus mendapat dukugan dari Pemerintah Daerah (Pemda), baik provinsi maupun kabupaten. Dengan adanya pentas seni ini, sesama  peserta didik akan saling bersinergi.

“Melalui pentas seni, akan membentuk katakter mereka, dimana adanya kerjasama, saling menghargai,  serta tumbuhnya kepercayaan diri,” ujarnya.

“Sekalipun mereka pintar secara akademik, namun mereka juga harus berkreasi dengan mencintai budayanya terutama budaya Bumi Kasuari,” terangnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Papua Barat, Wakil Bupati Manokwari, Sekretaris Kabupaten  Manokwari, Forkopimda dan seluruh tamu undangan lainnya.(el)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta