13.8 C
Munich
Selasa, Mei 28, 2024

Lomba Cipta Menu Lokal B2SA Digelar di Pendopo Vaitmayaf

Must read

KUMURKEK, JAGATPAPUA.com- Dinas Tanaman Pangan dan TP PKK Kabupaten Maybrat, Kamis (2/5/2019), menggelar lomba Cipta Menu Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (G2SA), yang berbasis Sumber Daya Lokal.

Kegiatan di Pendopo Vaitmayaf ini, dalam rangka menyambut Ulang Tahun Kabupaten Maybrat ke-10, tanggal 3 Mei 2019, dan dihadiri Sekda Maybrat, Drs. Agustinus Saa, M.Si, pimpinan OPD, dan 90 peserta dari 19 distrik.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Maybrat, Marthen Howay, mengatakan kegiatan dengan menampilkan makan local, sesuai visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati, dalam mempromosikan potensi daerah, serta menginvestasi peningkatan ekonomi masyarakat, agar dapat menarik investor untuk berinvestasi di kabupaten Maybrat.

“Ini juga bentuk peningkatan ekonomi kreatif masyarakat dan pembinaan pelaku ekonomi, seperti koperasi dan usaha kecil maupun menengah, dan pengembangan komoditi pertanian, seperti kacang tanah, bawang merah dan lainnya,” jelas Sekda.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk meningkatkan pemahaman ibu rumah tangga dalam menerapkan komsumsi pangan lokal yang beragam bergizi, seimbang dan aman ditengah-tengah keluarganya, serta mendorong masyarakat untuk mengenal dan mengkomsumsi pangan local, yang tetap berpedoman pada keseimbangan gizi.

Ketua TP PKK Kabupaten Maybrat, Naomy Nety Sagrim, SKM, M.Kes, menambahkan dari kegiatan ini dapat menunjukan ibu-ibu Maybrat, memiliki kemampuan dalam mengolah makanan lokal dengan rasa yang berbeda-beda.

“Selama ini kita pikir buah merah itu dipakai untuk minyak saja, kenyataannya bisa diolah oleh ibu-ibu jadi beragam makanan yang disajikan dengan bahan dasar buah merah,”ujarnya.

“Dari hasil penilaian nanti, yang juara satu akan mewakili pemerintah Kabupaten Maybrat bersama Dinas Ketahanan Pangan untuk mengikuti lomba tingkat lanjut,” tukasnya.

Dia berharap pengelolaan menu local ini tidak hanya ditampil pada saat lomba saja, tetapi bagaimana dikembangkan dalam kehidupan keluarga, rumah tangga dan masyarakat menuju keseimbangan gizi agar terciptanya masyarakat Maybrat yang sehat, produktif dan cerdas.(es)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta