13.2 C
Munich
Kamis, Mei 30, 2024

Semangat Otsus Perlu Dituangkan Dalam 4 Bidang Prioritas Daerah Provinsi PB

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com–Pemerntah Provinsi Papua Barat fokus terhadap 4 (empat) prioritas rencana pembangunan tahun 2025 yang telah ditetapkan.

Empat bidang prioritas itu difokuskan pada Pertama, peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat. Kedua, revitalisasi kawasan andalan pangan dan pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Ketiga, Peningkatan infrastruktur konektivitas yang mendukung transformasi ekonomi dan keempat Memantapkan tata kelola pemerintahan yang mendukung peningkatan jangkauan pelayanan publik.

Hal itu disampaikan Plt Sekda Papua Barat Dr Ir Yacob Fonataba M.Si saat membuka Forum Perangkat Daerah Provinsi Papua Barat yang diselenggarakan Bappeda Provinsi, Pada Senin (22/5/2204) di Manokwari.

Forum Perangkat Daerah itu mengusung tema “Pertumbuhan ekonomi meningkat, kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat terwujud , dukungan penguatan. Daya saing sumber daya Manusia”

Sejalan dengan otonomi khusus maka, Sekda berharap bahwa kerangka pembangunan di Papua Barat dapat menjiwai paradigma pembangunan khususnya dalam mewujudkan perencanaan pembangunan tahun 2025.

Untuk itu semangat Otsus tersebut perlu dipertajam dan dituangkan di dalam empat bidang prioritas di atas.

“Empat bidang prioritas tersebut tentunya tidak boleh terpisah dari upaya mewujudkan penghormatan pemberdayaan perlindungan dan kesejahteraan bagi orang asli Papua di Papua Barat,”tandas Jacob Fonataba.

Terkait hal tersebut, ia berharap setiap OPD sudah dapat menyusun rencana program dan kegiatan pembangunan daerah satu tahun kedepan.

“Dan terus memperbaiki kinerja perencanaan pembangunan khususnya di tahun 2025 mendatang,”imbuhnya

Provinsi Papua Barat harus mampu memiliki kapasitas perekonomian yang mampu beradaptasi terhadap perubahan internal dan eksternal untuk meraih keberhasilan dalam upaya mewujudkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat dengan tetap terbuka pada persaingan regional, nasional dan global.

Sebab tambah Sekda, kemampuan untuk berdaya saing menjadi kunci untuk mencapai kemajuan sekaligus kesejahteraan. Pada tahap pemerataan pembangunan diharapkan berada dalam satu tingkatan lebih maju yakni memantapkan akses untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga mampu berdaya saing di ranah eksternal PB.

Sementara dalam laporan Kepala Bappeda Papua Barat Dance Sangkek SH.,M.Si yang dibacakan Plh Kepala Bappeda Dian Come mengatakan, tujuan diselenggarakannya forum perangkat daerah RKPD Provinsi tahun 2025 untuk menyelaraskan program, kegiatan dan sub kegiatan prioritas pembangunan daerah provinsi dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan nasional serta usulan program dan kegiatan hasil musrenbang kabupaten.

“Dan mempertajam indikator dan target kinerja program dan kegiatan pembangunan provinsi dan menyepakati prioritas pembangunan daerah serta rencana kerja dan pendanaan,” kata Dian Come

Selanjutnya, menyepakati prioritas pembangunan daerah serta rencana kerja dan pendanaan program dan kegiatan prioritas masing-masing perangkat daerah provinsi.

Output yang diharapkan terlaksananya forum perangkat daerah RKPD Provinsi yang memuat pandangan dan pertimbangan mengenai arah kebijakan dan program prioritas pembangunan daerah serta rumusan usulan program prioritas dan kegiatan yang berpihak pada masyarakat.(jp/fir)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta