4.5 C
Munich
Minggu, April 21, 2024

Sekda Harap BPJS Ketenagakerjaan Terus Tingkatkan Pelayanan Bagi Pekerja Formal Dan Informal di PB

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Papua Barat menggelar kegiatan Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Paritrana award tahun 2024 Provinsi Papua Barat.

Kegiatan itu dibuka oleh Plt Sekda Papua Barat Dr Jacob Fonataba pada Rabu (28/2/2024) di Manokwari.

“Saya berharap penghargaan ini merupakan sesuatu yang menjadi landasan untuk kita, agar bisa memberikan jaminan sosial yang jauh lebih baik, sehingga masyarakat bisa merasakan betul tugas perlindungan yang di berikan oleh pemerintah melalui BPJS Ketenagakerjaan,”harap Jacob Fonataba

Jacob mengatakan, jaminan sosial ketenagakerjaan (Jamsostek) sangat penting karena dapat meningkatkan kesejahteraan para pekerja baik formal maupun informal.

Ia menyebut Negara telah menyusun landasan kebijakan dengan pembentukan undang-undang nomor 40 tentang sistem jaminan sosial nasional serta undang-undang nomor 24 tahun 2011 tentang badan penyelenggaraan jaminan sosial meliput BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan.

Sehingga melalui penghargaan tersebut Jacob meminta kepada pemerintah daerah dan juga pelaku usaha agar mendukung penuh regulasi dan kebijakan.

Sehingga para pekerja formal dan informal secara umum dapat dilindungi dalam Jamsostek.

Bupati Manokwari turut menghadiri kegiatan Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Paritrana award tahun 2024 Provinsi Papua Barat, Rabu (28/2/2024)//

Ia menerangkan pada 2023 jumlah tenaga kerja yang telah terlindungi dalam program jaminan tenaga kerja di Papua Barat itu sebanyak 44.998 orang atau 45,8% pekerja formal dan sebanyak 52.710 orang atau 35,54% pekerja informal.

Untuk itu, Sekda Papua Barat sangat berharap kepada BPJS Ketenagakerjaan agar Jamsostek dapat terus ditingkatkan hingga lebih dari 75 persen.

“Ini perlu kita tingkatkan untuk memberikan jaminan kalau bisa lebih dari 75% karena masalah jaminan sosial tenaga kerja di Provinsi Papua Barat sudah didukung dengan adanya kebijakan atau Peraturan Pemerintah Daerah melalui Perda Nomor 1 Tahun 2021 dan perda nomor 2 tahun 2022,”bebernya

Jacob juga berharap melalui penghargaan ini BPJS bisa meningkatkan kualitas dan sinergitas dengan pemerintah daerah.

“Saya juga berharap BPJS Ketenagakerjaan untuk meningkatkan kualitas dan sinergitas dengan pemerintah daerah sehingga dapat bersama-sama memberikan perlindungan dan pelayanan terbaik kepada pekerja melalui program Jamsostek,”harapnya lagi

Sementara itu Kepala Wilayah Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan BPJS wilayah Bali, Nusa Tenggara dan Papua (Banuspa), Agus Theodorus Parulian Marpaung memberikan apresiasi kepada pemerintah Provinsi Papua Barat karena mendapatkan penghargaan paritrana nasional dalam 3 tahun berturut-turut.

Ia juga menyebut bahwa pemerintah provinsi papua barat menjadi contoh bagi daerah lain agar terus meningkatkan perlindungan masyarakat di daerah mereka masing-masing.

“Kami sangat berharap sekali terutama dari wilayah untuk terus mendorong pemerintah daerah yang ada di Provinsi Papua Barat bisa mendapatkan penghargaan tertinggi dari tingkat nasional,”harap Agus.(jp/alb)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta