17 C
Munich
Senin, Juli 26, 2021

Ratusan Umat Katolik Ikuti Perayaan Malam Natal di Stasi Santo Markus Maan

Must read

KUMURKEK, JAGATPAPUA.com – Ratusan umat dari Stasi Santo Markus Maan dan Santo Yohanes Rasul Konja Paroki Santo Yosef Ayawasi, mengikuti misa malam Natal yang dimulai pukuk 20.00 WIT di Gereja Katolik Santo Markus Maan Selasa, (24/12/2019).

Perayaan malam Natal yang dipimpin Pastor Atanasius Bame, OSA yang dihadiri umat dari dua stasi ini, memadati gereja dan dimeriahkan koor umat setempat.

Pastor Atanasius dalam renungannya mengatakan gereja itu hidup dan maju membutuhkan keterlibatan semua unsur baik itu pemuda, anak-anak, bapak dan ibu, keluarga, lingkungan, stasi dan paroki, keuskupan serta dunia.

“Tadi terlihat koor yang menyanyi bagus, organis, mazmur, misdinar dan lainnya menunjukan bahwa ada kehidupan dan pergerakan bersama dari umat untuk membangun diri, keluarga dan gereja untuk terus berubah,”ujarnya.

Dia menuturkan, terkait Yesus sebagai Raja Damai atau Mesias, pada masa sebelumnya terjadi penindasan tetapi para Nabi memberi harapan bahwa jangan takut atau kecewa pasti suatu saat Mesias akan datang.

“Yesus datang dengan cara yang berbeda, dengan pikiran, komitmen dan arah perjuangan-Nya. Sehingga Yesus datang kita pun membuka diri, hati dan pikiran kita, ada kerjasama berarti ada komunikasi yang baik dalam hidup bersama,” tandasnya.

Yesus lahir dengan kesederhanaan, kekurangan dan keterbatasan di kandang hinan, sehingga ia lahir dan mati untuk membersihkan pikiran kita, hati kita dan tindak tanduk dalam kehidupan kita.

Dia berharap, kebersamaan yang dibangun, dalam kegiatan gereja, pemerintah dan bermasyarakat perlu dijaga, dilestarikan dan ditingkatkan. Meski ada konflik, tetapi perlu ada harapan bahwa semua itu ada jalan keluar, saat ini kita merayakan pesta kelahiran Yesus, itu ada membawa suka cita, damai dan persatuan. (sawe)

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article