19.6 C
Munich
Kamis, Mei 30, 2024

PWI Papua Barat Gelar Kegiatan Orientasi Jurnalistik

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Puluhan wartawan di Manokwari, mengikuti kegiatan orientasi organisasi jurnalistik angkatan pertama tahun 2019, yang diselenggarakan oleh PWI Papua Barat, di Swiss-Belhotel Manokwari, Senin (14/10/2019).

Para peserta yang hadir sebanyak 57, yang berasal dari wartawan muda maupun senior dari media cetak dan elektronik, dengan menghadirkan tiga narasumber.

Yakni Ketua PWI Papua Barat Bustam, Redaktur Pelaksana dari Tabora Pos, Hendrik V Sitinjak, dan Kepala Biro Antara Papua Barat, Azis Tokan.

“Kegiatan ini untuk penyelarasan program kerja antara PWI pusat dan daerah, yang telah diputuskan paska kongres,” kata Ketua PWI Papua Barat Bustam.

Selain itu, orientasi ini bertujuan untuk memantapkan dan meningkatkan pemahaman seluruh wartawan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Papua Barat, baik pada anggota lama, anggota baru dan calon anggota.

“Saya berharap teman-teman bisa memahami organisasi PWI seperti apa dan melalui pedalaman materi terkait kode etik, hukum pers, dan keorganisasian,” jelasnya.

“Ini juga dapat menjadi tambahan pengetahuan agar teman – teman dalam menjalankan dan melaksanakan tugas jurnalistik bisa aman di lapangan dan berjalan sesuai koridor hukum,” tandasnya.

Sementara, Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan mengatakan penyelenggaraan orientasi keanggotaan PWI, diharapkan wartawan semakin profesional dan mendapat tempat di hati masyarakat.

“Niat baik dari PWI ini, semoga wartawan di Papua Barat dapat meningkatkan profesionalisme dalam menjalankan tugas jurnalistiknya,” ungkap Gubernur, dalam sambutannya yang dibacakan Asisten III Reymond Yap.

Selain itu, tambah dia, pekerja Pers juga harus mendapatkan jaminan dan perlindungan hukum serta bebas dari campur tangan manapun, seperti yang dituangkan dalam Pasal 3 ayat (1) UU nomor 40 tahun 1999 tentang fungsi media informasi dan pendidikan, hiburan dan kontrol sosial.(chl)

 

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta