1.9 C
Munich
Kamis, April 18, 2024

Puluhan Mahasiswa Aksi Unjuk Rasa Ke Bawaslu, Elias Idie: Jadi Bahan Koreksi Dan Evaluasi

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com- Puluhan Mahasiswa melakukan Aksi unjuk rasa ke Bawaslu Provinsi Papua Barat. Mendesak Bawaslu agar memproses hukum setiap pelanggaran pemilu tahun 2024.

Aksi unjuk rasa yang dilakukan di depan kantor Bawaslu Papua Barat Senin (26/2/2024) itu diterima langsung oleh Ketua Bawaslu Elias Idie.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada semua teman-teman mahasiswa sudah mengambil bagian penting untuk mengingatkan kita Bawaslu agar memproses setiap dugaan pelanggaran Pemilu 2024,”ucap Elias Idie

Menurut Elias bahwa pada prinsipnya Bawaslu mengawasi tahapan pemilu berdasarkan aturan.

“Kalau bicara maksimal dan tidak maksimal pengawasan yang kita lakukan, saya kira ini penilaian masyarakat terhadap kondisi kita. Dan kita harus menerima itu sebagai bagian dari koreksi dan evaluasi kedepan,”kata Elias Idie.

Namun pengawasan yang telah dilakukan selama tahapan pemilu 2024 mulai dari pemutakhiran DPT, Kampanye hingga pemilihan tanggal 14 Februari 2024 lalu dapat juga dikatakan bahwa Bawaslu Papua Barat sudah bekerja maksimal.

“Misalnya pemuktahiran Data Pemilih Tetap (DPT) selama ini orang tidak pernah membongkar namanya pegunungan Arfak. nanti Periode ini baru kita bongkar soal data di Pegunungan Arfak dan kita berhasil,”ujarnya

Kemudian soal kampanye ada penggunaan fasilitas pemerintah yang selama ini digunakan oleh oknum-oknum caleg tertentu karena hubungan relasi.

“Sehingga pada saat kampanye banyak baliho caleg juga yang kita turunkan karena baliho yang dipasang itu dalam wilayah fasilitas pemerintah,”cetusnya.

Tentu yang kemudian menjadi kepuasaan Bawaslu Papua Barat adalah ketika mengukur sejauh mana partisipasi pemilih yang cukup tinggi pada 14 Februari 2024 lalu.

“Tetapi juga memilih dengan rasional, datang memilih tanpa diberi uang, tetapi karena figure,”tuturnya.

Namun semua hal itu akan dilihat pasca penetapan Calon Anggota DPRD yang lolos mendapatkan kursi di parlemen.

“Apakah kemudian saudara-saudara yang terpilih itu adalah figure-figure yang menurut ekspektasi kita adalah figure yang menjadi bagian penting dalam 5 tahun berjalan? atau tidak,”tutupnya.(jp/alb)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta