11.2 C
Munich
Rabu, Mei 22, 2024

Peringatan Dini Sejumlah Wilayah Alami Cuaca Ekstrem Besok

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi peringatan dini cuaca ekstrem yang akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia, Sabtu 15 Juni 2019.

Dikutip dari laman resmi bmkg.go.id massa udara basah lapisan rendah terkonsentrasi di Sumatera bagian Utara dan Selatan, Kep. Riau, Jawa bagian Tengah dan Timur, Bali, NTB, Kalimantan bagian Barat dan Selatan, Sulawesi bagian Tengah dan Selatan, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal yang kuat dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang/kuat terdapat di Aceh, Riau, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Kondisi tersebut mengakibatkan adanya cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai angin kencang dan kilat/petir di sejumlah wilayah.

Berikut adalah daftar wilayah yang berpotensi alami cuaca ekstrem hujan lebat disertai petir, Sabtu (15/6/2019).

Wilayah berpotensi hujan lebat:

Aceh, Jambi, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Wilayah berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat/petir:

Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah.(***)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta