4.6 C
Munich
Rabu, Februari 28, 2024

Penuhi Prosedur Kesehatan, Warga Papua Barat Di Jayapura Mulai Dipulangkan

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Akses transportasi laut diwilayah ibu kota Provinsi Papua, Jayapura saat ini telah dibuka dan ribuan warga asal Provinsi Papua Barat, secara bertahap sudah mulai dipulangkan.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan kepada awak media, Selasa (16/6/2020) di RS Provinsi Papua Barat.

“Untuk warga kita yang berada di Papua, yang sempat tertahan akibat lockdown, dan tidak bisa kembali, sekarang sudah bisa dan secara bertahap mulai kami pulangkan karena akses pelabuhan laut sudah diaktifkan,” ungkap Gubernur.

Lanjut Gubernur, kepulangan warga Papua Barat tersebut sudah melalui prosedur kesehatan dalam rangka penanganan Covid-19, dan telah melakukan pemeriksaan rapid test.

“Yang dipulangkan hanya mereka yang hasil rapit testnya non reaktif, namun kalau ada yang reaktif maka akan ditindak lanjut ke pemeriksaan swab,” tukas Gubernur.

Selain itu, kata Gubernur setibanya di pelabuhan tujuan di Papua Barat, mereka akan kembali diperiksa suhu tubuh, juga kelengkapan surat sehat dari Provinsi Papua. Jika nanti dalam pemeriksaan tersebut terdapat warga yang tidak memiliki surat lengkap, maka akan dikarantina selama 14 hari.

“Sebaliknya apabila mereka memiliki surat lengkap maka mereka langsung pulang kerumah,” tandas Gubernur.

Sementara sesuai informasi, Senin (15/6/2020), kapal sudah masuk pelabuhan, sehingga waktu subuh khusus warga Sorong Raya sudah diberangkatan dari Jayapura. Berikutnya Kamis (17/6/2020) warga Manokwari Raya yang dipulangkan dari Jayapura.(me)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta