5.6 C
Munich
Selasa, April 16, 2024

Pemda Manokwari dan BNI Hadirkan E-Retribusi di Pasar Tradisional

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Bank Negara Indonesia (BNI) Persero Tbk, dan Pemerintah Kabupaten Manokwari, Menandatangani kerjasama transaksi pembayaran Retribusi Pasar dan Retribusi Sampah secara elektronik (E-Retribusi), Jumat (24/5/2019).

Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan mengatakan kerjasama kali ini, pemerintah dan BNI, memfokuskan layanan pembayaran non tunai, atau pelayanan Retribusi Pasar, baik di Pasar Wosi dan Pasar Sanggeng, dengan jumlah pedagang sesuai data sebanyak 1.835 pedagang.

“Sesuai data dari Dinas Lingkungan Hidup, untuk 2 tahun kedepan layanan untuk jangkauan 18.300 Rumah Tangga, di Distrik Manokwari Barat , Manokwari Selatan, dan Manokwari Utara,” ungkap Demas.

Menurut Demas, pelaksanaan kerjasama ini merupakan implementasi dari konsep pembangunan Smart City, yang diupayakan pengembangnya oleh pemerintah, meliputi konsep Smart Economy (Cerdas Ekonomi), Smart Mobility (Cerdas Mobilitas), Smart Evironenment (Cerdas Lingkungan) dan Smarr Goverment (Cerdas Pemerintahan).

“Adanya kerjasama ini, menjadi bukti bahwa Retribusi Pasar dan persembahan yang dibayar oleh masyarakat Manokwari, akan sampai di kas daerah dan dikumpulkan untuk membiayai dan melayani kebutuhan masyarakat,” jelas Demas.

Sementara itu Kepala Perwakilan BNI Papua dan Papua Barat, Setiawan Jahya, menyatakan layanan e-Retribusi, sebagai bentuk dukungan BNI terhadap program Pemda Manokwari, sebagai Smart City.

“Sistem E-Retribusi, menjadi solusi atas hambatan yang kerap dialami oleh pemerintah, pada saat menghimpun iuran atau retribusi dari para warganya yang bermata pencaharian utama di pasar-pasar tradisional,” ujarnya.

“Aplikasi yang disiapkan BNI, juga akan memberikan kemudahan bagi masyarakat wajib retribusi dalam memenuhi kewajibannya, sekaligus memberikan kepastian pada penerimaan pemerintah kabupaten,” sambungnya.

Setiawan mengaku kolaborasi Pemda Manokwari dengan BNI semakin mendekatkan rencana daerah ini menjadi salah satu Smart City di Indonesia, dan menjadikan Manokwari sebagai pionneer.

Pada kegiatan ini, BNI sekaligus menggelar Safari Ramdhan dan Buka Puasa Bersama serta Berbagi dengan anak-anak Panti Asuhan Hidaytullah.(el)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta