16.8 C
Munich
Selasa, Juli 27, 2021

Nebrianus : Musrembang Kampung dan Distrik Jangan Hanya Jadi Seromonial Saja

Must read

KUMURKEK, JAGATPAPUA.com – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), baik tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten dan seterusnya merupakan forum yang sangat strategis, untuk menentukan arah dan kebijakan pembangunan.

Terkait hal itu, Anggota DPRD Kabupaten Maybrat Nebrianus Kambuaya, meminta supaya usulan prioritas dalam musrenbang harus dilaksanakan. Sehingga, program-program pemerintah dapat memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat di Kabupaten Maybrat.

“Hasil musrenbang didasarkan pada masukan dari hasil musrenbang kampung, serta menyepakati rencana kegiatan lintas kampung dan distrik yang bersangkutan. Sehingga ini harus terakomodir agar tidak membuat resah masyarakat ditingkat bawah,” ujarnya, Sabtu (7/3/2020).

Anggota DPRD dari Dapil II Aitinyo, ini mengaku sering kali terjadi pengusulan program dari masyarakat tingkat kampung, distrik hingga ke tingkat kabupaten, namun ditiadakan atau diabaikan oleh pejabat berwenang.

“Usulan dari masyarakat kampung ke distrik hingga tingkat kabupaten ini yang harus jadi dasar penyusunan rencana pembangunan oleh OPD terkait, agar dijadikan dasar penyusunan rencana kerja pada tahun 2021,” jelasnya.

Politisi asal Demokrat ini juga menyinggung arahan Kepala Inspektorat, Dr Naomi Netty Howay S.KM,M.Kes, yang meminta Kepala Bappeda, agar tidak asal menghilang program usulan dari masyarakat, tetapi harus dilihat program yang menjadi prioritas dan tidak.

“Jadi yang terakomodir dan tidak perlu disampaikan kepada masyarakat melalui surat, sehingga masyarakat paham dan menjadi harapan. Ini juga telah diatur dalam UU Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Daerah,” tukasnya.

Untuk itu, dia berharap, pemerintah daerah harus bisa memperhatikan kebijakan daerah mulai dari kepentingan nasional, provinsi dan kabupaten, kemudian dilanjutkan ke tingkat distrik dan kampung.

Sementara sesuai hasil musrenbang, sebagian besar anggaran diperuntukkan untuk pembangunan infrastruktur di ibukota kabupaten Maybrat di Kumurkek dan infrastruktur yang belum dibangun seperti wilayah Mare, Aifat Timur dan wilayah Aitinyo, agar menjadi asas keseimbangan diwilayah Maybrat.(sawe)

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article