13.6 C
Munich
Sabtu, Mei 25, 2024

Mendagri Diingatkan Tidak Tunjuk Penjabat Gubernur Diluar Dari 3 Nama Usulan DPR PB

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– Mentri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karnavian diingatkan agar tidak menunjuk dan melantik penjabat Gubernur Papua Barat diluar dari tiga nama yang diusulkan DPR Papua Barat.

Hal itu ditegaskan Panglima Parlemen Jalanan (Parjal) Papua Barat, Ronald Mambiew Rabu (25/10/2023). Mendagri Harus Menghargai Rakyat Papua Barat yang adalah bagian dari Pemerintah pusat.

Penghargaan dan asas Kepatuhan itu ditunjukan melalui cara yang bijak. Harus mengindahkan Rekomendasi yang dikeluarkan oleh DPR PB mewakili Konstituen atau Rakyat Papua Barat dimana dalam rekomendasi tersebut telah ditetapkan tiga nama yang kemudian mengerucut kepada dua nama yaitu Felix Wanggai dan Valentinus Sudarjanto Sumito.

“Harus fokus pada dua nama tersebut, nah dari kedua nama ini yang kemudian Mendagri menetapkan satu diantaranya menjadi Pj Gubernur sesuai mekanisme dan tetap pada syarat-syarat ketentuan yang berlaku,”kata Ronald Mambiew.

Ia secara tegas kembali mengingatkan bahwa Jakarta jangan mengakomodir nama lain diluar Rekomendasi lembaga terhormat DPR Papua Barat.

“Sebab jika itu terjadi maka sendirinya jakarta telah menunjukan sikap yang tak terpuji bagi daerah, seolah olah jakartalah yang tahu persoalan daerah. Sekali lagi jangan ada Calon siluman yang masuk karna sponsor yang bersyarat kepentingan kelompok, partai dan individu, mohon untuk menomor satukan semangat pelayanan bagi rakyat,”tegas Mambieuw

Parjal siap melakukan aksi penolakan jika Mendagri menunjuk penjabat Gubernur diluar dari tiga nama yang diusulkan DPR PB.

“Jika penunjukan penjabat Gubernur diluar tiga nama usulan DPR Papua Barat berarti itu adalah kebutuhan Jakarta bukan kebutuhan dan kepentingan Rakyat Papua Barat. Silahkan fokus pada dua nama tersebut, jangan ada nama siluman,” tegas Mambiew sembari mengimbau agar masyarakat Papua Barat tetap tenang hingga diterbitkannya SK Pj Gubernur Pengganti Paulus Waterpauw.

“Atas nama Parjal kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak PW atas pengabdian selama ini di Papua Barat kiranya Tuhan berkati kita sekalian,”ucap Mambiew.(jp/ask)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta