4 C
Munich
Sabtu, April 20, 2024

Bupati/Walikota Harus Berperan Aktif Selama Pelaksanaan Reforma Agraria

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.COM- Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan M.Si, meminta kepada para Bupati/ Walikota, agar berperan aktif selama proses pelaksanaan Reforma Agraria.

Sebab, keberhasilan Reforma Agraria, terletak pada komitmen dan peran pemerintah daerah, serta sinergi nyata dari para pemangku kepentingan.

“Gugus Reforma Agrarian Provinsi Papua Barat, telah dibentuk berdasarkan surat keputusan gubernur. Pembentukannya untuk mendukung tercapainya tujuan Reforma Agrarian melalui penyelenggaraan aset reform disertai akses reform dengan penguatan kelembagaan,” ungkap Dominggus, pada Pelatihan Teknis Penyelenggaraan Reforma Agraria Provinsi Papua Barat, Kamis (2/5/2019) di Hotel Aston.

Lanjut, Dominggus, solusi terbaik dalam upaya mengatasi permasalahan sektor disertai dengan akses reform untuk penyelenggaraan, maka melalui pemberdayaan masyarakat dilakukan fasilitasi pemberian akses terhadap permodalan teknologi pemasaran dan retribusi, sehingga dapat memberikan hasil yang optimal.

Dominggus menambahkan, saat ini masih banyak permasalahan di sektor agraria, diantaranya sengketa dan konflik agraria, alih fungsi lahan pertanian yang masif, kemiskinan dan pengangguran, kesenjangan sosial, dan turunnya kualitas lingkungan hidup.

“Melalui pelatihan teknis ini, diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti, khusus terkait penyelesaian masalah sengketa dan konflik agraria,” tukas Dominggus.(me)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta