14 C
Munich
Senin, April 15, 2024

Konsep Daerah Dan Kerja Sama Antar 9 Provinsi Istimewa Di Indonesia Dibahas Dalam Fordasi

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– Konsep Daerah serta kerja sama antar 9 provinsi yang memiliki keistimewaan di Indonesia akan di bahas dalam Forum Desentralisasi Asimetris Indonesia Daerah Khusus Istimewa (Fordasi) yang digelar Besok, Selasa 26/9/2023) di Kantor Gubernur Papua Barat Arfai, Manokwari.

“Kerja sama antar daerah bisa terjalin dengan baik, serta pembahasan konsep-konsep setiap daerah desentralisasi bisa di tuangkan dalam Fordasi kali ini,” kata Pj Gubernur Papua Barat Drs Paulus Waterpauw kepada awak media Senin (25/9/2023) di Media Center Kantor Gubernur Arfai.

Dalam Fordasi nanti 9 daerah khusus diharapkan lebih secara detail membahas terkait kerja sama antar daerah dan juga pembahasan konsep daerah desentralisasi yang memiliki keistimewaan Pemerintah Pusat.

“Konsep dari daerah mereka masing-masing akan kita tuangkan dalam pernyataan bersama atau deklarasi untuk melihat bagaimana pentingnya kehadiran negara memberikan kebijakan kepada daerah-daerah desentralisasi di indonesia ini,”ujarnya.

Sudah pasti, menurut Jendral bintang tiga ini dalam proses pemerintahan ada tantangan yang akan dihadapi.

Tetapi yang ingin dicapai adalah solusi dalam memaknai keberadaan kita di daerah otonomi desentralisasi dan daerah keistimewaan.

“Kan tidak semua yang memiliki kekhususan dan keistimewaan seperti daerah kita, jadi kekhususan dan keistimewaan apa yang mau kita pikirkan kedepan, serta kedepannya bagaimana upaya kita bersama dalam mengendalikan inflasi,”tutur Paulus Waterpauw

Selain itu, bagaimana secara bersama kita mampu menangani stunting, termasuk upaya dalam membagi pengalaman menangani kemiskinan ekstrem.

Juga bagaimana meningkatkan daya saing untuk hasil produk-produk unggulan di daerah, peningkatan UMKM, serta peningkatan ketahanan pangan termasuk stok bahan pangan.

Paulus Waterpauw yang akrab disapa kakak besar ini meminta dukungan masyarakat Papua barat untuk menyukseskan Fordasi tersebut.

“Mari masyarakat bersama pemerintah kita ikut menyemarakkan serta menerima dengan baik kedatangan duta-duta atau tim delegasi dari masing-masing daerah khusus yang akan hadir pada Fordasi,”ajak Paulus Waterpauw.(jp/alb)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta