15 C
Munich
Kamis, Mei 30, 2024

Kapolda Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA com— Polda Papua Barat menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 94 Tahun 2022 dengan tema “Bersatu Bangun Bangsa”.

Upacara itu dipimpin langsung Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga SH.,MA Jumat (28/10/2022) di Lapangan Apel Mapolda Papua Barat, Maripi, Manokwari.

Dihadiri keterwakilan anggota setiap Direktorat serta Pejabat Utama dilingkup Polda Papua Barat.

Kapolda saat membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mengatakan,
Peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada semua bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

Suasana upacara peringatan hari sumpah pemuda ke 94 tahun 2022, Polda Papua barat, Jumat (28/10/2022).

Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan.

Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa.

“Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini selalu memilik arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia,”ujarnya

Tema peringatan ‘Hari Sumpah Pemuda saat ini adalah “Bersatu Bangun Bangsa”. Tema ini memberikan pesan bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, untuk mewujudkan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

Semangat untuk selalu bersungguh-sungguh membangun Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, adil dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah.

Pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang dan apa yang dilakukan pemuda saat ini juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia kedepan.

Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa.

Pembentukan ketangguhan bangsa melalui pembentukan karakter mulia dan pengembangan kompetensi dalam berbagai ranah keahlian dan dipadukan dengan senantiasa mengasah kreativitas dan inovasi adalah pekerjaan utama yang tidak boleh diabaikan oleh para pemuda Indonesia.

Hanya bangsa yang tangguh yang mampu menjaga eksistensi dan memenangkan persaingan dalam kancah global yang semakin keras.

Jika dicermati kondisi pemuda Indonesia saat ini, maka terdapat optimisme yang penuh harapan, di samping masih terdapat beberapa tantangan yang cukup berat.

“Kita patut bersyukur, melihat pemuda Indonesia telah menunjukan banyak capaian prestasi di berbagai bidang yang membanggakan, baik pada level nasional maupun pada level internasional,”ucapnya.(jp/ask)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta