Connect with us

Adat

Jimmi Ijie: Harus Syukuri Otsus, Papua Belum Bisa Merdeka

Published

on

Anggota DPR-RI, Dapil Papua Barat, Jimmi Demianus Ijie.

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– Anggota DPR RI, jimmi D Ijie menyebut bahwa Otsus tidak perlu menjadi pro kontra, melainkan harus di syukuri. Sementara soal keinginan merdeka, kata dia Papua belum bisa merdeka.

“Untuk apa diprokontrakan harusnya berayukur bahwa otsus itu yang bikin orang papua punya muka. Itu pandangan saya dalam konsep yang sederhana,”ucap Idjie usai menghadiri Acara HUT PB Ke-21 Tahun, Senin (12/10/2020) di Lobi Kantor Gubernur PB, Arfai.

Menurutnya, soal politik, Papua belum bisa Merdeka untuk menjadi Negara sendiri dan terlepas dari NKRI sebab ada 5 negara yang punya hak suara di Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang notabena adalah negara yang berkepentingan dengan indonesia.

“Inggris, Amerika, Perancis, Rusia dan China. Semua Negara ini berkepentingan untuk indonesia. Jadi bagaimana mungkin mereka tinggalkan mitra mereka (indonesia),” bebernya

Ijie mengaku sering berbicara
kepada anak-anak papua yang pro terhadap Papua Meredeka.

“Saya bilang, Urus yang bisa kamu dapat hari ini. Pintu papua Merdeka sudah tertutup. Sebab jika ada kemungkinan , semestinya Komisi dekolonisasi PBB sudah memberikan sinyal. Tetapi kan nyatanya, hanya ada 17 Negara mines Papua,”ungkapnya.

Bagi Ijie, Dekolonisasi Papua sudah selesai sejak tahun 1969. Namun, bukan tidak mungkin merdeka, semua kata dia tergantung pada persoalan di Papua.

“Kalau eskalasi pendekatan militernya luar biasa maka bisa menjadi pintu masuk,” katanya.

Soal Otsus, bagi Ijie tidak perlu lagi menjadi pro kontra karena otsus hanya akan berhenti jika UUnya dicabut oleh Negara Indonesia. Selama belum ada tindakan Negara untuk mencabut UU tersebut maka sampai kapanpun akan terus berlaku.

“Jangan dipikir Otsus itu ada jilid I dan Jilid II. Bukan begitu, Otsus itu UU dan pemberlakuannya ditentukan oleh Negara. Kalau mau tolak kenapa tidak dari awal saja sekalian. Otsus sudah berjalan dan sudah dinikmati. Terutama ASN, mereka ikut bersuara soal Otsus, padahal selama ini mereka menikmati gaji itu kan dari Otsus. Jadi bagi ASN jangan pernah berkata Otsus itu gagal,” tuturnya.

Karena lanjut Jimmi, meski otsus ditolak dengan cara apapun, negara akan tetap melanjutkannya. Apabila penolakan Otsus masih tetap disuarakan masyarakat hingga batas akhir tahun 2021 dipastikan Negara akan bertindak dengan strategi baru misalnya mengeluarkan Perpu, ditambah persetujuan DPR maka jadilah UU.

“Jadi jangan ditolak tetapi dikritisi mana yang kurang agar diperbaiki. Itu jauh lebih penting dari pada menolak. Karena menolakpun Negara akan tetap melaksnakan,” tandasnya. (me)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adat

Dimasa Pemerintahan Hermus-Budoyo Pembayaran Iuran Supir Rental Akan Ditiadakan

Published

on

Penyerahan Aspirasi Komunitas Supir Mobil Rental, Kepada Cabub Manokwari, Hermus Indou, Selasa (13/10/2020).

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– Dimasa pemerintahan Bupati dan wakil Bupati Manokwari periode 2020-2025 Hermus Indou dan Edy Budoyo (HEBO), akan membebaskan pembayaran iuran bagi para supir Mobil Rental di Kabupaten Manokwari.

Hal itu diungkapkan Cabub Hermus Indou menjawab aspirasi komunitas mobil Rental Manokwari, Selasa (13/10/2020) saat melakukan Kampanye Politiknya di Abreso Caffe Manokwari.

Menurut Hermus apa yang telah dilakukan almarhum Demas Mandacan akan tetap ditindaklanjutinya dalam masa pemerintahannya nanti.

“Terima kasih atas pertemuan ini, dengan harapan HEBO kepada bapak ibu sekalian untuk memberikan dukungan dalam kontestasi pilkada di Manokwari,”ucap Indou.

Terdapat beberapa hal mengenai kebutuhan para supir mobil rental Manokwari perlu diperhatikan, salah satunya mengenai Regulasi. Sehingga hal- hal terkait jasa mobil Rental akan dicover dalam Regulasi dimaksud.

Ia menyadari, Mobil rental memiliki kontribusi penyediaan jasa transportasi bagi warga masyarakat juga pemerintah yang mebutuhkan, juga Pendapatan asli Daerah (PAD) pajak. Sehingga kedepan akan ada regulasi yang mengatur hal-hal terkait dengan mobil rental tersebut.

Misalnya legalitas usaha jasanya, juga penguatan bagi komunitas rental Manokwari yang merupakan ciri dari masyarakat modern. Membentuk organisasi yang membawahi para supir mobil rental.

“Minimal ada solidaritas dalam organisasi tersebut yang sangat membantu ketika ada masalah hukum. Misalnya mobil rental dipakai dan tidak dibayar nah dengan organisasi rental yang memiliki legalitas hukum itulah akan mempermudah proses  hukum,”tuturnya

Dengan organisasi yang bisa ditata serta memiliki pemasukan untuk kesejahteraan anggota, maka hal ini dipandang penting untuk harus dibentuk secara terstruktur.

Kedepan juga bisa diterapkan jasa mobil rental secara online sehingga akan lebih optimal berkembang. Termasuk penggajian juga akan dimasukan dalam regulasi.

“Sesuai aspirasi bapak ibu, pangkalan mobil rental akan kami tata menjadi lebih baik dan nyaman dalam melayani pengguna jasa, selain itu, akan tetap memperkuat komunitas rental dari sisi organisasi. Kita berharap komunitas Mobil rental ini terus ada. sehingga ada masalah bisa mendapat pelayanan hukum. ada juga dukungan ril kepada komunitas ini, pemerintah akan menggunakan jasa rental dalam berbagai iven besar misalkan keluar kota Manokwari dan kegiatan besar lainnya,”beber Hermus

“Saya percaya bahwa pertemuan kita hari ini sebagai bentuk dukungan para supir dalam pembangunan Manokwari kedepan yang lebih baik,”ujarnya.

Pada silaturahmi tersebut juga Hermus meminta dukungan Doa serta dukungan politik dari para supir mobil rental untuk memenangkan HEBO pada Pilkada Manokwari.

Pada Pertemuan itu juga Hermus menerima aspirasi dari Komunitas Mobil rental yang diserahkan oleh Koordinator, Rustam.

Rustam mengatakan, pada prinsipnya Supir Mobil rental memberikan dukungan kepada Paslon HEBO di Pilkada Manokwari, dengan harapan setelah sah menjadi Bupati dan Wakil Bupati kiranya memperhatikan hal-hal yang menyangkut kebutuhan Pejasa Rental.(alb)

Continue Reading

Adat

Kalau Jadi Bupati, Sius Akan Berikan Nomor Hp Nya untuk Masyarakat

Published

on

Foto Paslon Bupati dan Wakil Bupati Manokwari, Sius-Rudy Bersama Warga Kampung Makassar Manokwari, Senin (12/10/2020).

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– Calon Bupati Manokwari, Sius Dowansiba mengaku akan memberikan nomor ponselnya kepada masyarajat di Manokwari. Dia akan welcome dan siap menerima masyarakat saat menghubunginya via ponsel.

“Ketika menjadi Bupati saya akan memasang layar besar dan nomor hendphone saya berikan kepada masyarakat, dengan maksud ketika ada masalah maka masyarakat dengan mudah bisa langsung menghubungi saya,”kata Sius dalam kampanye Politik di Kampung Makassar, Senin (12/10/2020)

Sius mengaku ingin menjadi pemimpin dihati masyarakat dan bagi semua masyarakat yang mendukungnya. Bahkan, waktunya bersama calon Wakilnya tidak akan terbatas untuk melayani masyarakat

Untuk itu, dia mengajak masyarakat untuk mencoblos nomor urut 1 pada pemilihan 9 Desember mendatang.

“Sebelum memilih, berdoa kepada Tuhan baru coblos nomor 1. Memilih sesuai petunjuk tuhan dan antisipasi orang dengan kepentingan lain,” tururnya .(sos)

Continue Reading

Adat

Didukung Warga Kelurahan Padarni, HI disugukan 21 Aspirasi

Published

on

Calon Bupati Manokwari Periode 2020-2025, Hermus Indou disambut Tarian Adat Papua oleh Masyarakat RT01, RT02, RT03 Dan RW05 Kelurahan Padarni, Distrik Manokwari Barat, Senin (12/10/2020).

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Manokwari Hermus Indou dan Edi Budoya (HEBO) kembali mendapat dukungan dari Warga RT01, RT02, RT03 dan RW05 Kelurahan Padarni Distrik Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari.

Dukungan tersebut terkuak pada saat Hermus melakukan kampanye Politiknya Senin, (12/10/2020) yang dipusatkan di Posko Pemenangan HEBO, Warga RT 01,RT02 , RT03 dan RW05, Kelurahan Padarni.

Dalam tatap muka bersama warga setempat, Esyon Tata Perwakilan Tokoh Pemuda Kelurahan Padarni saat membacakan aspirasi mengatakan, terdapat 20 aspirasi yang diharapkan dapat diwujudkan Hermus-Budoyo dalam masa pemerintahannya.

“Yang pertama kami warga masyarakat membutuhkan air bersih, tanah pemerintah yang ada di lingkungan ini dihibahkan kepada Kami, kami juga membutuhkan rumah layak huni, juga membutuhkan drainase Lingkungan, penyediaan satu paket Jalan cor lingkungan di RT 1 RW 5,”bebernya

Penyerahan Aspirasi Dari Tokoh Pemuda Kelurahan Padarni, Esyon Tata Kepada Cabub Manokwari, Hermus Indou.

Selanjutnya, Balai pertemuan warga RW 5, membutuhkan Posyandu balita, 1 unit ruang PAUD kelompok belajar ceria, Penyediaan Beasiswa bagi putra-putri Papua di lingkungan RW 5, pengembangan potensi Pemuda melalui olahraga dan pelatihan atau kursus Wirausaha, meningkatkan usaha Mama Papua melalui penyediaan Pondok Pinang dan modal usaha, meningkatkan usaha kelompok nelayan melalui penyediaan sarana prasarana dan Alat tangkap, meningkatkan usaha kelompok para mama Papua penjual makanan tradisional dan sayur-mayur di pasar rakyat, menyediakan 1 unit lapangan futsal dan kostum olahraga bagi pemuda lingkungan.

Kemudian, menyediakan satu set alat musik keyboard bagi kelompok seni pemuda, membutuhkan lapangan pekerjaan bagi warga masyarakat yang belum mendapatkan pekerjaan melalui penyedia informasi tes CPNS dan tenaga honorer di Kantor Bupati .

Selanjutnya membuka lapangan pekerjaan melalui pemberian bantuan modal usaha bagi para kelompok usaha, Permintaan pengelola atau penjaga bangunan pasar rakyat yang ada di lingkungan agar dapat dikelola oleh kelompok warga RW 5.

” Dan diberikan kuota wisata rohani ke Israel bagi kaum Nasrani dan juga bagi kaum muslim untuk ke Mekah. Demikian aspirasi ini kami sampaiikan semoga bisa diwujudkan,”tambah Esyon

Menanggapi Aspirasi tersebut Hermus mengatakan, kedepan dalam pemerintahannya bersama Edy Budoyo akan lebih difokuskan untuk menyediakan program yang menjawab aspirasi-aspirasi masyarakat Kelurahan padarni juga Warga Manokwari secara umum. Aspirasi warga akan kita inventarisir dan jadikan program pembangunan dalam kepemimpinan HEBO.

“Kondisi perumahan dan air bersih disini tetap akan kita perhatikan dan sesuai kemampuan anggaran kita akan realisasikan sesuai konsep yang kita siapkan sebelum kita implementasikan,”Kata Hermus

Hermus percaya kedepan, daerah dilingkungan Padarni akan mengalami perubahan berdasarkan peran dan perjuangan Pemerintah. Karena disadari tanpa usaha dan upaya maka perubahan itu tidak akan terjadi, semua diawali dari peran pemimpin.

“Maka saya ajak sukseskan HEBO dipilkada Manokwari, datang ke TPS dan memilih pemimpin yang kita mau melalui ajakan roh kudus tanpa ada paksaan dari siapapun,”ajak Hermus

Hermus juga menyampaikan 4 Program perioritas selama 5 tahun kedepan, meliputi pendidikan, kesehatan pemberdayaan ekonomi kerakyatan, dan infrastruktur. Juga program unggulan yaitu mendorong dan mempercepat pembentukan kota madya manokwari, mempersiapkan Warmare, Prafi, Masni, Sidey (Warmpramasi) untuk menjadi ibu kota kabupaten Manokwari.

“Kabupaten Manokwari dipindahkan karena pemerintah harus menciptakan banyak dapur dengan maksud bisa melayani masyarakat secara baik,”imbuhnya

Kemudian akan ada sekolah berpola asrama, SMPN di Manokwari akan dievaluasi minimal harus tiga sekolah yang berpola asrama agar menghasilkan anak-anak didik kita yang lebih baik.

“Ketika tinggal di sekolah berpola asrama, para siswa ini dijaga didik tidak jalan sembarang karena lingkungan sangat berpengaruh, bisa minum mabuk dan hal-hal negatuf lainnya. ini yang jadi kendala ketika mereka mai tes polisi dan tentara,”tandas Hermus.(alb)

Continue Reading

Trending

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta