18.4 C
Munich
Kamis, Juli 18, 2024

Jaring Bakat, Dominggus Buka Trabas ‘Baku Cigi’ Komunitas Trail Manokwari

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– Kepala Suku besar Arfak Drs Dominggus Mandacan membuka kegiatan ‘baku Cigi’ komunitas trail Manokwari Trabas sebagai bagian menjaring bakat atlit Balapan motor di Papua Barat.

Pembukaan kegiatan itu dihadiri Bupati Manokwari Hermus Indou SIP.,MH Sabtu (25/6/2022) di kediaman Kepala Suku Besar Arfak, Drs Dominggus Mandacan M.Si Mandopi, distrik Manokwari Utara, Kabupaten Manokwari.

Kegiatan tersebut dianggap sangat penting untuk dapat menjaring atau menghimpun potensi para anak milenial yang memiliki bakat balap motor yang tak dilakukan secara liar yang mengganggu keamanan masyarakat tetapi lebih kepada menghasilkan bakat di bidang olahraga.

Olahraga balap juga diakui bagian dari mencintai alam ciptaan Tuhan, karena banyak jalur yang akan dilalui.

“mungkin jalur tanjakan, datar mungkin juga nyebrang Sungai tapi juga mungkin melalui bawah pohon dan bahkan finish di tanjakan soribo,” ujarnya

“Untuk itu saya ajak kita semua untuk menjaga kebersamaan dan kekompakan baik perorangan maupun tim, harus dijaga dan dalam Trabas pertama ini saya harapkan kita sambil jalan dan juga dengan menggunakan motor tadi itu melihat alam ciptaan tuhan yang begitu luar biasa,”ajak gubernur Papua barat periode 2017-2022 ini.

Memang diakui Dominggus Mandacan bahwa topografi atau Medan di Papua barat atau Manokwari berbeda dengan daerah di Sulawesi, Sumatra, Kalimantan NTT juga Maluku.

“Nah pada momen inilah menjadi pengalaman yang baik untuk saling tukar informasi terutama diajang Trabas ini. Sehingga saya harapkan kebersamaan dan kekompakan ini tetap dijaga,”kata Dominggus mengingatkan.

Hal ini juga harus dilakukan oleh para komunitas motor/trail di Manokwari ke daerah lain yang disebutkan di atas sehingga bisa mengetahui kondisi alam di wilayah tersebut.

“Untuk itu saya harapkan kegiatan ini tak hanya sampai hari ini saja tetapi juga banyak pihak harus punya kepedulian untuk bisa melaksanakan kegiatan serupa untuk menghimpun anak-anak muda, sehingga bakat dan profesinya bisa disalurkan adalah Terabas ini tapi tidak di jalan raya yang mengganggu ketertiban kedamaian,”harap Dominggus

“Saya juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Pak Wendi dan semua rekan atas terselenggaranya ajang trabas ini,”ucap Dominggus.(jp/alb)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta