1.9 C
Munich
Kamis, April 18, 2024

Gelar Tiga Kegiatan Ini, Pj Sekda Apresiasi Bank Indonesia Papua Barat

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.COM – Plt Sekda Papua Barat DR Jacob Fonataba memberikan apresiasi kepada Kantor Perwakilan bank Indonesia (BI) Papua Barat karena telah melaksanakan kegiatan Kick off Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI), dan Pelatihan peningkatan Kapasitas UMKM Berdikari (Kasuari) serta Pasar Murah tahun 2024.

Dalam arahannya, Plt Sekda Jacob mengatakan, kegiatan kurasi dan pelatihan peningkatan kapasitas UMKM berdikari bertujuan agar UMKM secara profesional membantu pemasaran produk-produk lokal dan juga membantu ekonomi masyarakat.

Dan untuk pasar murah bertujuan untuk menyeimbangkan agar ketersediaan bahan pangan yang dapat di jangkau oleh masyarakat sehingga menekan angka inflasi.

“Meski di papua barat, stok bahan pangan kita masih aman selama tiga bulan kedepan,”kata Jacob

Bank Indonesia juga kata Sekda melaksanakan kegiatan semarak rupiah Ramadhan yang tentu membantu mempermudah masyarakat untuk melakukan penukaran uang.

“Kegiatan ini tentu sangat membantu, karena masyarakat dapat menukarkan uang ke pecahan yang lebih kecil dan juga bisa menukar uang yang sudah tidak layak edar,”ujarnya, Rabu (20/3/2024).

Untuk itu, ia berharap setiap mitra-mitra perbankan yang ada di papua barat bisa membantu masyarakat melalui kegiatan pengembang yang di fokuskan kepada inflasi.

Mengingat saat ini inflasi provinsi papua Barat sudah masuk ke 10 tertinggi di Indonesia.

“Oleh karena itu saya selalu mengimbau kepada semua instasi yang ada agar bersama-sama menekan inflasi di provinsi papua barat,”tuturnya.

Sementara Kepala BI Papua Barat , Setian menjelaskan, kegiatan SERAMBI merupakan kontribusi yang bisa di berikan oleh bank Indonesia untuk melayani masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan uang di hari besar perayaan idul fitri.

“Untuk Penukaran uang bisa dilakukan oleh masyarakat di beberapa lokasi kantor bank yang sudah bekerjasama dengan bank Indonesia
terutama penukaran uang kecil. Yang paling di tekankan dalam kegiatan SERAMBI ini adalah bagaimana masyarakat bisa paham menggunakan rupiah secara bijak,”bebernya

Kemudian untuk kegiatan KASUARI yaitu kurasi dan pelatihan peningkatan kapasitas UMKM berdikari lakukan bekerjasama dengan dinas, terutama dinas UMKM baik di provinsi papua barat maupun papua barat daya dan kabupaten kota.

“Kita berkolaborasi dengan dinas terkait untuk melakukan kurasi terhadap UMKM yang ada di wilayah papua barat dan papua barat daya,”sebut Setian

Dengan harapan, melalui ini kita bisa menemukan UMKM yang berpotensi dan bisa di dorong untuk terus maju. Melalui SERAMBI juga bank Indonesia melakukan kegiatan untuk pengendalian inflasi.

“Nanti kedepan, di halaman kami juga sudah kami siapkan pasar murah, pada pasar murah ini kami juga kombinasikan beberapa komoditas melalui dinas terkait,”cetusnya.(jp/alb)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta