17.9 C
Munich
Kamis, Mei 30, 2024

Dinkes Maybrat Gelar Rapat Kerja Program Pelayanan Tahun 2019

Must read

KUMURKEK, JAGATPAPUA.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Maybrat, menggelar Pra Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tahun 2019, Kamis (17/10/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang pertemuan Dinas Kesehatan Maybrat ini dihadiri 14 Kepala Puskesmas, Perwakilan Pustu dan Ketua Kader.

Kegiatan ini dibuka Plh, Sekda Maybrat, Ferdinandus Taa, SH, M.Si, dengan mengangkat tema Singkronisasi, Optimalisasi dan Kolaborasi Pelayanan Kesehatan dalam mewujudkan masyarakat yang sehat menuju Universal Health Coverage (UHC).

Plh, Sekda Maybrat, Ferdinandus Taa, mengatakan kegiatan ini, dapat membangun komitmen bersama dalam merumuskan arah yang jelas untuk menentukan program kebijakan pembangunan kesehatan menuju masyarakat yang maju dan sehat.

“Apa yang dialami atau menjadi kendala dilapangan dalam tugas dan pelayanan kesehatan itu yang disampaikan didalam pra Rakerda tersebut,” tuturnya.

“Sedangkan Raker tanggal 23 Oktober 2019, nanti menuju pada sebuah keputusan bersama yang akan dilaksanakan di tahun 2020,” jelasnya.

Dia mengatakan masih banyak masalah seperti masih tingginya disparitas status kesehatan masyarakat diempat zona pelayanan antara daerah terpencil, tertinggal, berbatasan dan daerah terisolir.

Selain itu, masalah lainnya seperti, rendahnya usia harapan hidup, mordinlitas dan mortalitas tubuh tinggi, kurangnya akses pelayanan kesehatan, petugas kesehatan sangat terbatas, kurangnya sarana dan prasarana penunjang kesehatan, dan tingginya kasus HIV//AIDS.

Kapasitas para media, status gizi pada ibu dan anak yang rendah, kematian ibu dan anak tinggi dan prilaku masyarakat belum sepenuhnya mendukung upaya pembangunan kesehatan.

“Masalah-masalah ini muncul karena masyarakat kita banyak yang tinggal didaerah yang sulit dijangkau, karena faktor geografis, ekonomi dan sumber daya kesehatan didaerah yang sulit itu,” terang dia.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan dr. Nelce Kambuaya menambahkan kegiatan Pra Rapat Kerja Daerah (Rakerda) 2019, lebih diarahkan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi masyarakat.

Sehingga pembangunan kesehatan didasari prikemanusiaan, pemberdayaan, kemandirian, keadilan, merata dan mengutamakan manfat.

“Persoalan yang dialami, rasakan dan temui dilapangan itu yang disampaikan dalam Pra Rakerda ini, sehingga kekurangan itu kita putuskan dan programkan untuk tahun 2020 nanti,” tandasnya.

Dia berharap, krgiatan ini dapat menghasilkan suatu program yang baik dan tepat sesuai kondisi dan kebutuhan masyarakat terkait pembangunan kesehatan di Maybrat.(sawe)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta