5.3 C
Munich
Sabtu, April 20, 2024

Diduga Konsleting Listrik, Kantor BPTP Papua Barat di Arfai Terbakar

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Kebakaran melanda kantor Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP), Papua Barat di Jalan Brigjen Abraham O Atururi, Manokwari, Sabtu (5/10/2019). Penyebabnya diduga karena korsleting listrik.

Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP), Papua Barat Demas Wamaer, mengatakan peristiwa kebakaran diduga akibat korsleting listrik yang terjadi sekitar pukul 06.30 WIT.

Dia mengatakan, sempat terjadi ledakan sebanyak 2 kali, karena dilantai II ada tabung pemadam kebakaran. Ledakan ini muncul saat api mulai membesar.

“Api berasal dari lantai II, kemudian api merambat dan menghanguskan seluruh isi bangunan, termasuk yang berada dilantai I. Dugaan sementara karena konsleting listrik, karena listrik di kantor ini sering bermasalah,” ungkapnya kepada sejumlah wartawan.

“Awal kebakaran ada Satpam kantor melihat. Namun upaya untuk memadamkan api tidak berhasil dan melaporkan ke Pos penjagaan Brimob di area perkantoran gubernur,” tuturnya.

Akibat kebakaran tersebut, hanya dokumen yang berada di perpustakaan yang sebagian masih bisa diselamatkan. Sedangkan dokumen lainnya hangus terbakar.

Pantauan media ini, kondisi cuaca yang cukup panas ditambah tiupan angin membuat kantor yang berada di area perkantoran gubernur ini ludes terbakar.

Setelah beberapa jam kemudian, api baru dapat dipadamkan dengan bantuan mobil Water Canon milik Brimob Polda Papua Barat dan Satu unit Mobil Pemadam kebakaran milik Pemprov Papua Barat.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun kerugian materi diperkirakan mencapai milyaran rupiah.

Hingga kini polisi masih melakukan penyelidikan dan penyidikan penyebab kantor tersebut terbakar dan telah memasang garis police line.(red)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta