13.7 C
Munich
Minggu, April 14, 2024

Dianggap Sukses Dukung Program JKN-KIS, Pemda Manokwari Kembali Raih Penghargaan

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com–Kabupaten Manokwari kembali diberikan penghargaan karena dianggap sukses dalam mendukung program JKN-KIS.

Penghargaan itu diserahkan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Manokwari, Deny Jermy Eka Putra Mase kepada Sekda Kabupaten Manokwari, drg Henri Sembiring, Selasa (9/8/2022) di Manokwari.

“Penghargaan diberikan karena Pemkab Manokwari telah menjamin 97,3 persen masyarakat untuk mendapatkan jaminan kesehatan melalui program JKN-KIS atau dari Dari total jumlah penduduk Manokwari 192.427 jiwa, sebanyak 187.154 jiwa sudah mendapatkan jaminan kesehatan,”ungkap Deny Jermy

Ia mengurai, sejak 2017, 2018, 2019 bahkan 2022 Wilayah Provinsi Papua Barat memperoleh penghargaan secara berturut-turut dari Presiden Joko Widodo atas capaian menempati peringkat keempat dari seluruh provinsi di Indonesia karena sukses melaksanakan program jaminan kesehatan.

Bahkan pada tahun ini, Pemprov Papua Barat naik menjadi peringkat pertama dari 37 provinsi se-Indonesia karena capaiannya telah melebihi target yang ditetapkan pemerintah yaitu lebih dari 95%.

Dan pada tahun ini juga, Manokwari kembali mendapatkan penghargaan karena telah mendukung dan mensukseskan program Nasional JKN KIS bagi masyarakat Manokwari.

Khusus Manokwari, kata Jermy, juga mendapatkan apresiasi dari pemerintah dan juga dari BPJS Kesehatan.

Diketahui, sebelumnya setelah masyarakat mendaftar harus menunggu 14 Hari kemudian baru aktif BPJSnya. Tetapi sejak Senin 8 Agustus 2022 Setelah masyarakat mendaftar langsung bisa mendapatkan pelayanan kesehatan.

Namun yang menjadi PR bagi semua adalah bagaimana pelayanan tersebut bisa berkualitas bagi masyarakat sehingga masyarakat bisa memanfaatkan hak-haknya saat membutuhkan layanan kesehatan baik itu di Fasilitas Kesehatan tingkat pertama maupun fasilitas tingkat lanjutan.

“Dan tentunya kami dari BPJS Kesehatan tidak bisa bekerja sendiri tentunya kami juga butuh bantuan kerjasama dari pemerintah Kabupaten Manokwari khususnya juga stakeholder termasuk Bapak Bupati dan jajarannya,”tuturnya

Bagaimana mengawal program ini sehingga kedepannya hak-hak masyarakat untuk Memperoleh jaminan kesehatan dapat terwujud.

“Dan tentunya dengan program ini kita berupaya untuk kita bisa mengurangi tingkat keluhan dari pada masyarakat yang sedang terjadi,”tandasnya

Disisi lain harus juga membenahi sarana prasarana SDM juga pelayanan pendukung lainnya sehingga terus berkesinambungan dan sistemnya semakin baik.

“Semua ini adalah harapan kami yang tentu butuh dukungan dan juga butuh support dan kerjasama dari pimpinan-pimpinan daerah dan juga stakeholder terkait dalam program jaminan kesehatan,”kata Jermy.(jp/alb)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta