Connect with us

Manokwari Selatan

Bupati Markus Tinjau Pembangunan RS Pratama Elia Waran di Distrik Oransbari

Published

on

MANSEL, JAGATPAPUA.com – Bupati Manokwari Selatan (Mansel), Markus Waran, melakukan peninjauan pembangunan Rumah Sakit yang berada di Kampung Muari, Distrik Oransbari, Jumat (21/2/2020).

Rumah Sakit Pratama Elia Waran ini dibangun dilahan seluas 6 hektar lebih, dengan kapasitas tampung pasien 50 hingga 100 jiwa, serta dilengkapi laboratorium dan perumahan dokter.

Dalam kunjungannya bupati menjelaskan bahwa progres pembangunan sangat cepat dan kualitas bangunan juga baik, dan ditargetkan akan selesai di tahun 2021 mendatang.

“Pembangunan rumah sakit ini hanya tersisa taman dan perumahan dokter. Kita harapkan 2021 sudah bisa difungsikan,” ucap Bupati.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan, Demetrius Waran, menambahkan pembangunan rumah sakit ini dibangun dilahan seluas 6 hektar, dan yang baru terpakai sekitar 3 hektar dan sisanya akan digunakan sebagai taman, parkiran dan perumahan dokter.(nae)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Manokwari Selatan

Gubernur Resmikan Gedung Baru Puskesmas Ransiki

Published

on

MANSEL, JAGATPAPUA.com – Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, meresmikan gedung Puskesmas Ransiki, Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), Rabu (27/5/2020).

Biaya pembangunan gedung Puskesmas yang berada di Kampung Sabri itu sebesar Rp.16 Milyar dari bantuan provinsi Papua Barat.

Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan mengatakan pembangunan Rumah Sakit dan Puskesmas, merupakan program prioritas dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Sehingga lanjut Gubernur keberadaan gedung Puskesmas baru tersebut, perlu diisi dengan sumber manusia yang baik, terutama dari tenaga medis, dokter maupun perawat.

Sementara itu Wakil Bupati Mansel Wempy Rengkung, mengatakan gedung Puskesmas baru ini dibangun sejak tahun 2015 lalu, dengan sumber pendanaan dari pemprov sebesar Rp16 miliar

“Kita harapkan adaya gedung baru ini pelayanan kepada masyarakat dapat ditingkatkan,” tukasnya.

Pada acara peresmian itu, Gubernur Papua Barat atas nama keluarga juga menyerahkan 2000 masker kain kepada Pemda Mansel, agar nantinya dapat diteruskan ke masyarakat.(nae)

Continue Reading

Ekonomi & Bisnis

Gubernur Papua Barat Canangkan Tanam Bibit Unggul Kakao di Lahan Koperasi Ebersut Ransiki

Published

on

MANSEL, JAGATPAPUA.com – Pemprov Papua Barat, berupaya mengembalikan kejayaan komoditas perkebunan diwilayah tersebut. Salah satu komoditas yang ditargetkan adalah kakao.

Untuk itu, Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, melakukan pencanangan penanaman bibit unggul kakao di lahan koperasi Ebersut, Cokran Ransiki, Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), Rabu (27/5/2020).

Ini agar target mengembalikan kejayaan kakao di Indonesia, lebih khusus di Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat dapat terwujud.

Apalagi Manokwari Selatan, pernah merasakan masa kejayaan untuk tanaman kakao. Bahkan ketika krisis ekonomi tengah melanda, petani kakao sejahtera karena harganya juga terkerek naik. Namun, sejak maraknya hama penyakit tanaman di tahun 2000-an, dan tutupnya PT. Cokran Ransiki, kakao tidak lagi menjadi primadona buat petani.

Dalam sambutannya Gubernur Drs. Dominggus Mandacan mengatakan penanaman tanaman kakao ini tentu dapat memberikan manfaat bagi masyarakat bangsa dan negara, serta penanaman tanaman perkebunan tersebut sesuai dengan pencanangan provinsi Papua Barat sebagai provinsi berkelanjutan.

“Kita tentu harapkan penanaman bibit unggul kakao ini dapat meningkatkan produktivitas pertanian di Papua Barat,” ucap Gubernur.

Gubernur juga berharap Koperasi Ebersut dapat terus meningkatkan produktivitas, serta memberikan pelatihan kepada petani untuk pengembangan kakao hingga produksi agar dapat menghasilkan biji coklat premium yang unggul.

Sementara itu Bupati Mansel, Markus Waran menambahkan dalam pengembangan komoditas kakao oleh Koperasi Ebersut, adanya campur tangan dari pemerintah Papua Barat, untuk pengembangan coklat unggul kedepannya.(nae)

Continue Reading

Headline

Dana Desa Tahap 1 Belum Cair, Puluhan Warga Mansel Datangi Kantor Bupati

Published

on

MANSEL, JAGATPAPUA.com – Puluhan masyarakat, yang berasal dari Distrik Dataran Isim dan Distrik Ransiki, Selasa (26/5/2020), melakukan aksi protes ke kantor Bupati Manokwari Selatan.

Aksi puluhan warga yang didamping sejumlah Kepala Kampung tersebut untuk mempertanyakan pencairan dana desa (DD) tahap I, yang tak kunjung dicairkan, hingga memasuk akhir Mei 2020.

Meski sempat terjadi insiden kecil, puluhan masyarakat ini akhirnya dapat ditenangkan oleh aparat Polres Mansel, yang dipimpin Kapolres AKBP Slamet Haryadi.

Sementara dihadapan para pendemo, Bupati Markus Waran mengatakan keterlambatan penyaluran dana desa, diakibatkan dana tranferan dari pusat terlambat disalurkan ke daerah.

“Penyaluran dari pusat kedaerah terlambat karena pertanggung jawaban yang masuk terlambat, serta seluruh akses tranportasi juga dibatasi. Ini yang membuat proses pencarian dana desa terhambat,” ucap Bupati.

Selain itu, Bupati mengatakan mulai hari ini, Selasa (26/5/2020), pihak bank Papua telah mengkonfirmasi kepada pemerintah daerah, dana telah ditransfer ke rekening daerah dan dapat segera dicairkan.

“Kami harap masyarakat dapat mengerti akan kondisi Covid-19,” tutup Bupati.

Usai mendengar arahan dari Bupati, masyarakat akhirnya dapat membubarkan diri dengan tertib.(nae)

Continue Reading

Trending

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta