19.4 C
Munich
Senin, Juli 15, 2024

Dispora Kaimana Gelar Sosialisasi Persiapan Ujian Nasional

Must read

KAIMANA, JAGATPAPUA.com – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Kaimana, mengelar sosialisasi pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP, tahun ajaran 2019-2020, di Gedung Sebaguna GPI Rehobot, Jumat (21/2/2020).

Sosialisasi ini dilaksanakan sesuai UU No 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional, Permen Pendidikan dan kebudayaan, No. 43 Tahun 2020, tentang penyelengaraan ujian oleh Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, Permen No. 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan.

Dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan ini, Asisten I Sekda Kaimana, Luther Rumpombos, S.Pd, mengatakan SD hingga SMA, SMK, setiap tahunnya melaksanakan ujian sekolah.

Namun, kata dia pelaksanaan ujian ini akan terus mengalami perubahan, seperti dari sistem manual ke sistem komputer atau UNBK, sehingga hal itu perlu disosialisasikan kepada para kepala sekolah dan dewan guru urusan kurikulum.

“Ujian Nasional ini setiap tahun mengalami perubahan, dan setiap sekolah harus siap menghadapi perubahan ini. Untuk SMP dikota Kaimana sudah terapkan UNBK. Bagi SMP di distrik juga harus siap melaksanakan UNBK,” ucapnya.

Dia mengatakan ada beberapa SMP di Kaimana, yang hingga saat ini masih melaksanakan ujian mengunakan sistem manual, namun untuk ujian di tahun 2020, diharapkan sudah harus melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Untuk itu, dia meminta agar Dinas Pendidikan Kaimana, sudah harus mempersiapkan sejumlah peralatan komputer untuk digunakan di beberapa SMP yang belum melaksanakan UNBK.

“Para kepala sekolah, khususnya di tingkat SMP yang belum melaksanakan UNBK, agar bersama pihak dinas dapat mengupayakan sejumlah peralatan penunjangnya, seperti komputer dan lainnya, termasuk jaringan internet agar pada pelaksanaanya dapat berjalan baik,” tandasnya.(lc)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta