Connect with us

Papua Barat

Billy Mambrasar Donasi APD dan Alkes Hingga Cover Lagu Daerah di Kota Ambon

Published

on

AMBON, JAGATPAPUA.com – Selama masa Pandemi Covid-19, Billy Mambrasar sebagai Staf Khusus Presiden, di Bidang Pembangunan, tidak tinggal diam tetapi terus berkontribusi dalam memberikan bantuan kepada masyarakat. Salah satunya, adalah kontribusinya, sebagai seorang anak Indonesia Timur, untuk memberikan bantuan kepada masyarakat di Kota Ambon.

Bantuan yang diberikan berupa Alat Kesehatan dan APD yang rutin dikirimkan, atas kerjasamanya dengan Project Hope International. APD yang terakhir dikirimkan adalah 400 Face Shield, dan 1200 masker N95 yang dibagikan dalam sebuah tagar Gerakan “Berbagi Kasih Peduli Ambon”. Semuanya disalurkan oleh daerah, ke Rumah Sakit dan Puskesmas yang membutuhkan.

Sebelum mejabat sebagai Staf Khusus Presiden, Billy Mambrasar juga telah menunjukan kinerja dan aksi, terutama dalam bidang sosial dan pengabdian masyarakat di Indonesia Timur, utamanya dengan mendukung beberapa komunitas anak muda, yang bergerak di Kota Ambon.

Billy Mambrasar.

Dan setelah menjabat Billy yang ingin berkontribusi memberdayakan anak muda Maluku, meminta kepada Presiden Jokowi untuk membangun pusat kewirausahaan di provinsi tersebut, sebagai sebuah rumah kreatif yang memiliki ruang-ruang tempat bekerja, menembangkan diri berkolaborasi secara terbuka, cerdas dan berpikir segar untuk masa depan.

Hal itupun diapresiasi oleh Kepala Seksi Infrastruktur Permukiman, DPUPR Kota Ambon Wiesye V. Pelupessy.

“Kedatangan Billy Mambrasar ke Kota Ambon selalu disambut baik oleh pemuda disana. Terlebih mereka sangat memberikan apresiasi terhadap Billy, yang selalu turun tangan mengulurkan bantuan dan memberikan hal positif,” ucap Wiesye.

Isu pendidikan dan pengembangan pemuda dan pemudi di Maluku juga menjadi fokus utama Billy Mambrasar. Dalam topik tersebut, Billy aktif membagikan inspirasi kepada para pemuda Maluku, tentang tips dan trik untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri, agar mereka lebih termotivasi terus belajar dan mencapai cita-cita pendidikan yang tinggi.

“Saya ingin anak-anak muda di Kota Ambon ini bisa diberdayakan dengan adanya pusat kewirausahaan tersebut, dan pergerakan ini dapat kita gunakan untuk mendorong sektor ekonomi kreatif, dan pariwisata di Kota Ambon. Memang butuh waktu panjang, namun kita harus bersabar dan terus mendorong pergerakan positif ini sampai dampak yang kita inginkan tercipta” ujar Billy.

Rasa Cinta Billy Mambrasar kepada Maluku diexpresikan juga dalam berbagai bentuk, termasuk seni dan budaya. Dalam akun youtube pribadinya, Billy Mambrasar mengcover lagu klasik Maluku : “Sio Mama” yang dipersembahkan kepada Sang Ibunda, yang telah memberikan kasih sayang tulus terhadap dirinya.(rls)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ekonomi & Bisnis

Bahas Izin Prinsip Tambang Emas, Pemkab Pegaf Akan Bertemu Pemprov

Published

on

Sekda Kabupaten Pegaf, Everd Dowansiba.

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Potensi tambang emas di Distrik Minyambauw dan Testega di Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf) saat ini mulai dilirik oleh pemda setempat dan akan segera disiapkan perijinannya.

“Potensi tambang ini sudah diketahui termasuk masyarakat di Pegaf. Sehingga sesegera mungkin kita akan mengurus hal-hal terkait izin prinsip, dan kami masih menunggu izin itu dari Pemerintah Provinsi Papua Barat,” ujar Sekda Kabupaten Pegaf, Everd Dowansiba.

Dia juga mengatakan izin prinsip mengenai tambang dan juga Kehutanan itu kewenangannya di provinsi, sehingga Pemkab hanya sifatnya berkoordinasi terkait perijinan tersebut.

“Diupayakan dalam waktu dekat kita akan bentuk tim untuk bekerjasama dengan provinsi dalam hal ini dinas terkait, dan dalam pengelolaannya tentu melibatkan masyarakat adat setempat,” tukasnya.

Selain itu, keberadaan izin ini agar tidak terkesan ilegal ketika masyarakat melakukan aktivitas pendulangan emas, serta ada wadah yang mengatur aktivitas masyarakat tersebut.

“Izin prinsip ini juga untuk memberikan jaminan kepada masyarakat, agar kedepannya tidak ada masalah, apalagi akan didirikan koperasi tambang,” tukasnya.(me)

Continue Reading

Adat

Kawal Dana Otsus, MRPB Akan Teken MoU Dengan Kejati Papua Barat

Published

on

Ketua MRPB Papua Barat, Maxi N Ahoren.

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB), akan bekerja sama dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Papua Barat, untuk mengawal dan mengawasi penggunaan dana Otonomi Khusus (Otsus) yang sangat besar nilainya.

Kerja sama tersebut akan dilakukan melalui penandatangan Nota kesepahaman Memorandum Of Undarstanding (MoU), yang direncanakan akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Kami sudah lakukan koordinasi dengan Kejati dan penandatangan MoU ini secara khusus untuk mengawal terkait pengelolaan dan penggunaan dana Otsus di Papua Barat. Jadi bersama kejaksaan kita sama-sama awasi penggunaan dana tersebut,” ungkap Ketua MRPB Papua Barat, Maxi N Ahoren.

Untuk konsep kerjasamanya kata Ahoren masih disiapkan, begitu juga Kejati yang telah mengirim konsepnya untuk kemudian dipadukan. Selain penggunaan dana Otsus juga menyangkut hak-hak Orang Asli Papua (OAP), misalnya soal tanah masyarakat adat dan batas-batas wilayah adat.

“Selama ini ketika tanah masyarakat adat dan batas wilayah adat bermasalah hukum dan disidangkan di Pengadilan dengan substansi tuntutan ganti rugi, tidak ada keberpihakan keadilan, masyarakat kalah karena tidak adanya bantuan hukum dari pemerintah,” ucapnya.

Menurut dia, hal ini tentu sangat disayangkan, yang seharusnya masyarakat adat berhak menang atas kasus-kasus tersebut tetapi terkendala pengacara, sehingga selalu saja haknya berpihak kepada lain.(me)

Continue Reading

Hukrim

Jelang HUT Hari Bhakti Adhyaksa, Kejati Papua Barat Gelar Berbagai Kegiatan

Published

on

Kepala Kejati Papua Barat, Yusuf, SH, MH.

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Dalam serangkaian hari Bhakti Adhyaksa ke-60 yang jatuh pada tanggal 22 Juli 2020 mendatang, Kejaksaan Tinggi Papua Barat menggelar berbagai kegiatan.

Kepala Kejati Papua Barat, Yusuf, SH, MH, mengatakan kegiatan yang sudah dilakukan yakni kegiatan internal berupa optimalisasi kinerja dan pemulihan publik trust.

“Jadi kegiatan itu ada dua internal maupun external. Untuk internal kita lakukan penguatan profesional, bagaimana ciptakan jaksa yang profesional, baik dalam tugas, hubungan dengan masyarakat dan publick trust. Kita buat masyarakat percaya dan terbuka kegiatan apa yang sudah diakukan,” ujar Yusuf belum lama ini.

Sedangkan untuk eksternal, telah dilakukan perjanjian kerjasama bersama 12 lembaga, baik perbankan, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, BUMD, dan KPU, serta pihak terkait lainnya.

“Rencananya dalam bulan ini kita juga akan lakukan perjanjian kerjasama dengan Pertamina, PLN, Balai Kehutanan, Bulog, Perhubungan dan Pemprov Papua Barat,” tandasnya.(me)

Continue Reading

Trending

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta