4 C
Munich
Sabtu, April 20, 2024

Anjungan Papua Barat di Perkemahan Cibubur Dikunjungi Presiden

Must read

JAKARTA, JAGATPAPUA.com – Presiden Joko Widodo, mengunjungi anjungan Kontingen Pramuka Kwarda Papua Barat di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Bahkan kunjungan orang nomor satu di Indonesia, tidak terjadwalkan oleh panitia maupun protokoler Kepresiden.

Pada kunjungan itu Presiden tidak hanya melihat dari luar, namun Presiden yang dampingi Kakwarnas Pramuka Budi Waseso, menaiki satu-persatu anak tangga hingga ke atas rumah panggung, Kaki Seribu atau rumah adat Suku Arfak Papua Barat.

Presiden memperoleh penjelasan singkat dari Wakil Gubernur Papua Barat, Mohammad Lakotani, SH, MSI tentang rumah Kaki Seribu.

Wagub Lakotani, dihadapan Presiden, menjelaskan rumah adat asal Suku Arfak disebut rumah Kaki Seribu, karena memakai banyak tiang sebagai penyangga dibawahnya.

“Jadi kalau dilihat punya banyak kaki seperti hewan kaki seribu. Sedangkan atapnya dibuat dari daun sagu. Sementara untuk tiangnya menggunakan kayu, yang terdiri dari kayu berukuran tinggi dan pendek,” ungkap Wagub, yang juga KaKwarda Pramuka Papua Barat ini.

Atas penjelasan singkat itu, Presiden mengucapkan terima kasih kepada warga Papua Barat yang sudah tampilkan rumah adat di arena perkemahan Cibubur, Jakarta dalam rangka HUT Pramuka ke-58.

Dalam acara HUT Pramuka Ke-58, Wakil Gubernur Papua Barat tampak didampingi sejumlah bupati dan wakil bupati dari Papua Barat, seperti Bupati Fakfak Uswanas, Bupati Bintuni, Petrus Kasihiw dan wakil bupati Manokwari Selatan, Wempi W Rengkung.(***/rls)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta