3.3 C
Munich
Rabu, Februari 21, 2024

Werinussa Harap Ada Markas Damkar Pemprov, Antisipasi Bencana Kebakaran

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com–Pemprov Papua Barat diketahui sudah memiliki 1 unit mobil pemadam Kebakaran (Damkar) tahun 2023.

Pengadaan 1 unit mobil Damkar itu dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Papua Barat sesuai petunjuk Pj Gubernur Papua Barat, Drs Paulus Waterpauw M.Si.

Mobil Damkar itu pun standby selama dua hari pelaksanaan Rapat Koordinasi FORDASI Tahun 2023 Di Manokwari, Papua Barat.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Papua Barat, Melkias Werinusa mengatakan, dengan telah dimilikinya 1 unit mobil Damkar itu maka Pemprov sudah harus memikirkan pembangunan Markas Damkar tersebut.

“Supaya penanganan bencana kebakaran itu bisa lebih cepat dilakukan. Dengan adanya markas juga kemudian personelnya lebih baik lagi dalam menjalankan tugasnya. Inikan satuan pemerintah sehingga saya berharap pengelolaannya akan ditangani BPBD,”kata Werinusa, Jumat (29/9/2023).

Karena menurut Melkias, personel Damkar merupakan sebuah profesi yang memiliki tanggung jawab membantu masyarakat dalam penanganan kebakaran.

Selain melakukan pemadaman api, di Markas itulah petugas damkar juga dilatih untuk melakukan evakuasi seperti penyelamatan korban kecelakaan, bencana alam, dan evakuasi gawat darurat lainnya.

“Sehingga dipandang sangat penting dibangunnya Markas Damkar, yang disiapkan tentu tidak hanya markas atau stasiunnya tetapi personel Damkar juga,”tuturnya.

Selain itu, tambah Melkias semua kelengkapan terkait dengan kepentingan stasiun serta kesejahteraan personel harus diperhatikan.(jp/alb)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta