0.8 C
Munich
Senin, Februari 26, 2024

DPR PB Segera Tindaklanjuti Surat Mendagri, Usulan 3 Nama Calon Pj Gubernur Prioritaskan OAP

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– Ketua DPR Papua Barat, Orgenes Wonggor SIP mengatakan, pihaknya telah menerima fisik surat dari Mendagri RI perihal Usul Calon Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Jumat 29 September 2023 sekitar Pukul 11.10 WIT.

“Jadi sekitar beberapa menit lalu kita sudah terima fisik surat dari Mendagri itu dengan perihal usul calon penjabat Gubernur Papua Barat,”kata Wonggor.

Untuk itu, akan segera menindaklanjuti perintah Mendagri melalui isi surat dimaksud dengan melakukan rapat internal DPR Papua Barat untuk menentukan tiga nama calon Pj Gubernur Papua Barat yang akan melanjutkan sisa tugas dari Pj Gubernur Paulus Waterpauw yang akan purna tugas pada tanggal 25 Oktober 2023 nanti.

Tiga nama yang nanti diusulkan DPR Papua Barat kepada Mendagri tentu dengan memprioritaskan Orang Asli Papua (OAP) Papua Barat yang dinilai memenuhi syarat secara aturan perundang-undangan.

“Jadi prinsipnya kita akan prioritaskan OAP yang kita nilai memenuhi syarat. Karena di Papua Barat ada beberapa nama yang masuk dalam kriteria Penjabat Gubernur,”ujar Wonggor

Nanti kemudian dari tiga nama calon itu siapa yang ditunjuk presiden melalui Mendagri untuk menjadi Penjabat Gubernur Papua Barat itu keputusan pemerintah pusat.

“Yang jelas kita prioritaskan OAP, kita para pimpinan DPR Papua Barat sudah melakukan komunikasi untuk rapat bersama terkait pengusulan nama penjabat Gubernur ke Mendagri,”imbuhnya

Untuk itu, Senin (1/10/2023) pekan depan akan digelar rapat internal DPR Papua Barat dengan melibatkan semua unsur pimpinan dan fraksi.(jp/adv)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta