4.5 C
Munich
Minggu, April 21, 2024

Usulan Jembatan Penghubung Pulau Mansinam Direspon, Wamen PUPR Kunjungi Manokwari

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Wakil Menteri PUPR Republik Indonesia, Jhon Wempi Wetipo (JWW), mengunjungi lokasi rencana pembangunan jembatan Kwawi-Pulau Mansinam di Kabupaten Manokwari, Senin (10/2/2020).

Kunjungan itu setelah adanya usulan pembangunan jembatan penghubung Kwawi-Pulau Mansinam oleh Pemprov Papua Barat, tanggal 5 Februari 2020 kepada Pemerintah Pusat.

“Pempus sangat serius merespon usulan ini, makanya saya berkunjung ke Manokwari untuk mengecek langsung lokasinya,” ungkap Wakil Menteri PUPR, Wempi Wetipo, Senin.

Hasil laporan dari Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, tinjauan lokasi layak yaitu ada tiga titik alternatif, pertama lewat Ingandi-Pulau Mansinam, kedua BLK-Pulau Lemon-Mansinam dan ketiga Kenari Tinggi-Mansimam.

“Ini masih akan dikaji dan tiga titik lokasi itu bentangan dibutuhkan ukuran sekitar, 1.1 kilo hingga 2.4 kilo. Tentu hadirnya jembatan ini akan mempermudah akses transportasi ke Pulau Mansinam,” terangnya.

Sementara untuk alokasi anggarannya, kata Wempi, Menteri PUPR Siap mendukung, dan meminta Gubernur segera melengkapi surat resminya, sehingga dapat diproses agar jembatan penghubung ini segera dibangun.

“Sesuai hasil diskusi dengan Menteri PUPR, bentangan jembatan ini tidak terlalu besar, hanya memakan waktu dua tahun jembatan ini selesai. Namun untuk lokasi masih akan dikaji dan tentu disesuaikan dengan anggaranya,” ucapnya.

Sementara, Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, mengatakan pemprov dalam waktu dekat akan bertemu pemilik hak ulayat dan masyarakat setempat, terkait pembagunan jembatan tersebut.

“Sebelum bangun jembatan, kita akan koordinasi dengan pemilik hak ulayat dan masyarakat sekitar agar tidak terjadi persoalan dikemudian hari,” ujar Gubernur.

Gubernur berharap, pemerintah pusat dapat membantu pembangunan fisiknya dan masalah hak ulayat nanti menjadi tanggung jawab Pemprov Papua Barat dan Pemda Manokwari.

“Saya berharap, masyarakat di Papua Barat, mendukung program kerja Pemerintah.Tanpa dukungan masyarakat program kerja ini tidak akan berjalan optimal,” tutup Gubernur.(chl)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta