13.7 C
Munich
Minggu, April 14, 2024

Ujian Praktik dan Upaya Pelestarian Budaya di SMP Negeri 15 Rendani

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA. com – Upaya melestarikan budaya bisa dilakukan dengan beragam cara. Seperti yang dilakukan SMP Negeri 15 Rendani, Manokwari.

Para siswanya menampilkan tarian adat dari masing-masing Suku Nusantara pada ujian sekolah praktek seni dan budaya.

Salah seorang guru SMP Negeri 15 Rendani Welem Tahoba, mengatakan ujian praktek mata pelajaran seni dan budaya ini merupakan wujud kelestarian budaya agar tidak punah.

“Anak-anak yang sekolah disini tidak hanya dari Suku Papua, tetapi juga dari Suku Sebrang, sehingga kita beri mereka masing-masing suku menampilkan adatnya melalui ujian praktek ini,” ungkapnya, kepada jagatpapua.com, Rabu, (26/2/2020).

Selain itu, kata dia adanya praktek seni dan budaya ini diharapkan para pelajar nanti dapat menjaga dan melestarikan adat yang mereka ketahui ditengah arus modernisasi yang terus berkembang.

“Saya berharap mereka dapat bertumbuh dan menanam nilai kultur dengan baik, sehingga budaya kita tidak tersingkirkan dengan kebudayaan modern,” tuturnya.

Sementara SMP Negeri 15 Rendani ini akan melaksanakan ujian praktek sekolah mulai tanggal 24 hingga 29 Februari 2020, sebelum pelaksanaan ujian lainnya.(chl)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta