8.6 C
Munich
Jumat, Februari 23, 2024

TP PKK Papua Barat Hadirkan Balai Latihan, Rumah Baca dan Rumah Gizi di Manokwari

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Penggerak PKK Provinsi Papua Barat inisiasi kehadiran Balai Pelatihan, Rumah baca dan peningkatan sarana rumah gizi Kasuari di Kabupaten Manokwari.

Ketua Tim penggerak PKK Papua Barat Roma Megawanti Pasaribu Waterpauw menyebutkan, bangunan yang digunakan untuk balai latihan, rumah baca dan rumah gizi tersebut menggunakan aset Pemprov Papua Barat yang sebelumnya digunakan oleh UPTD Samsat Manokwari.

“Untuk balai Pelatihan memiliki kapasitas 80 peserta, rumah baca berisi fasilitas bacaan untuk anak, remaja, dan ibu Rumah tangga, selanjutnya rumah gizi PKK melakukan peningkatan sarana untuk kelayakannya,” kata ketua PKK pada peresmian 3 sarana tersebut, Rabu (16/8/2023).

Penyerahan bantuan satu unit mobil dan tambahan gizi anak dari Pj Gubernur untuk rumah gizi milik PKK Papua Barat

Roma Megawanti juga berharap dengan kehadiran sarana berupa rumah gizi, balai latihan dan rumah baca bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, tentunya dengan pendampingan penuh penggerak PKK Papua Barat.

“Saya berpendapat bahwa pembangunan yang berhasil adalah ketika kehadiran PKK bisa dirasakan oleh masyarakat, seperti yang saat ini kita wujudkan,” lanjut dia.

Pj Gubernur Papua Barat Komjen Pol Paulus Waterpauw yang meresmikan langsung 3 fasilitas itu menyebut, PKK memiliki inisiatif tinggi dalam mendukung program pemerintah provinsi Papua Barat.

Menurut Gubernur, kehadiran Rumah baca sangat penting karena relevansi dengan angka putus sekolah di Papua Barat sebagai upaya peningkatan literasi.

Balai Pelatihan memiliki peran penting dalam pertumbuhan UMKM serta mendorong wanita bisa berusaha sendiri untuk ikut menopang ekonomi keluarga, selanjutnya rumah gizi sebagai langkah tepat dalam upaya penanganan stunting.

“Jangan hanya satu tempat ini, saya minta PKK bisa melihat lokasi di sentra Distrik atau kampung dalam upaya membantu pemerintah menangani stunting, kemiskinan ekstrim dan tingginya angka putus sekolah di Papua Barat,” harap Gubernur.

Pemprov Papua Barat dalam mendukung kehadiran rumah gizi tersebut, melalui dinas keaehatan memberikan bantuan Kendaraan operasional berupa 1 unit mobil untuk operasional rumah gizi.(jp*)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta