12.7 C
Munich
Selasa, September 21, 2021

Tokoh Pemekaran Provinsi Papua Barat Jimmy D Ijie Telah Dimakamkan

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Jenazah tokoh pemekaran Provinsi Papua Barat, yang juga Anggota DPR RI Dapil Papua Barat, Jimmy D Ijie dimakamkan di Taman Bahagia kompleks pemakaman Pahlawan, Kelurahan Sanggeng, Distrik Manokwari Barat, Senin, 26/7/2021.

Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan hadir sebagai Inspektur upacara memimpin jalannya prosesi penghormatan dan pemakaman sang tokoh pemekaran asal Maybrat tersebut.

Gubernur memberikan apresiasi tinggi atas jasa dan dedikasi almarhum dalam memperjuangkan lahirnya provinsi Irian Jaya Barat (IJB) yang kini menjadi Papua Barat.

“Kita patut bersyukur karya besar yang telah dilakukan oleh almarhum kepada Papua Barat,” ucap Gubernur.

Gubernur juga menyebut peran besar Jimmy D Ijie tidak dapat dipandang sebelah mata. Dedikasi dan pengorbanan dalam perjuangan pemekaran Papua Barat bukanlah sebuah perkara yang mudah.

“Banyak terjadi pertentangan dan perlawanan oleh pihak lain yang tidak menginginkan adanya pemekaran wilayah baru dari Papua. Namun berkat kerja keras dan jerih lelah akhirnya provinsi Irian Jaya Barat lahir sebagai daerah Otonom Baru terpisah dari Provinsi Papua,” sebut Gubernur.

Senada, Ketua DPD PDI P Papua Barat, Markus Waran menyatakan penghormatan tinggi sudah sepantasnya diberikan kepada Alm. Jimmy D Ijie atas jasanya bagi Papua Barat.

“Sosok Alm adalah patriot sejati yang berjuang keras bagi masyarakat di Papua Barat. Perjuangan Alm, tidak dapat dibayar dengan apa pun, karena ia bukan hanya milik Papua Barat, tetapi juga milik Indonesia,” ungkap Waran.

“Jimmy D Ijie adalah kader terbaik PDI Perjuangan yang bukan hanya milik Papua Barat tetapi milik Indonesia,” tambah Waran.

Selain itu, Waran juga mengaku Ketua DPD PDI Perjuangan, Puan Maharani merasa kehilangan atas kepergian Alm. Jimmy D Ijie. Pasal bagi Puan PDI P telah kehilangan salah satu kader anak asli Papua yang cerdas, kritis dan tajam.

“PDI Perjuangan berduka karena telah kehilangan salah satu sosok kader terbaik dari tanah Papua,” tandas Waran.

Turut hadir dalam ibadah pelepasan Anggota DPD RI, Yance Samonsabra, Sekda Papua Barat, Drs. Nataniel Mandacan, Bupati Tambrauw, Bupati Manokwari, dan seluruh keluarga besar Maybrat di Manokwari.(jp/adv)

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article