5 C
Munich
Kamis, Februari 29, 2024

Tahapan Pemilu Dimulai, Wopary: Tahap Pertama Pendaftaran dan Verifikasi Parpol

Must read

MANSEL,JAGATPAPUA.com– Ketua KPUD Mansel Anthon Wopary

menuturkan, secara nasional, KPU RI sudah memulai peluncuran tahapan Pemilu 14 Juni kemarin.

Itu menandakan, tahapan Pemilu di setiap daerah sudah dimulai.

Wopary menerangkan, pada awal tahapan sendiri, KPUD Mansel akan memulai dengan pendaftaran dan verifikasi Partai Politik (Parpol).

Hanya saja, guna memulai setiap tahapan, KPUD Mansel masih menunggu kucuran anggaran dari pusat, yang saat ini tengah dibahas.

“Kita sudah ada jadwal pelaksanaan tahapan. Tahapan itu sudah ada, tapi tentu harus dibackup dengan anggaran pembiayaan. Karena itu kita berharap hari ini ada kesempatan antara pemerintah pusat dengan KPU RI perihal anggaran,” kata Wopary, Kamis (16/6/2022).

Dijelaskan Wopary, perihal besaran anggaran setiap KPUD, ditentukan langsung oleh KPU RI.

“KPU RI punya data yang dijadikan rujukan untuk anggaran KPU di setiap daerah. Kalau anggaran ke KPUD sudah ada kita akan mulai pendaftaran dan verifikasi parpol,” jelasnya.

Dikatakan Wopary, dengan peluncuran tahapan Pemilu oleh KPU RI, merupakan pertanda dari konsistensi KPU dengan pelaksanaan Pemilu.

“Sekaligus juga memberikan sinyal kepada Parpol serta para pemilih bahwa KPU memastikan bahwa tidak ada penundaan dan KPU konsisten dengan amanat Undang-Undang untuk pelaksanaan KPU,” pungkasnya.(jp/dhy)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta