Connect with us

Manokwari

Soal Pelantikan 6 Calon Anggota MRP Pabar, masih Tunggu Respon Mendagri dan Gubenur

Published

on

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Majelis rakyat Papua Provinsi Papua Barat masih menunggu tanggapan dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri) dan Gubenur Provinsi Papua Barat, pasca putusan Mahkama Agung (MA) RI dengan berkas nomor perkara 170, Yafet Wainarisi Dkk, dan Nomor Perkara 180 atas nama Aleda Yoteni.

Wakil Ketua II Majelis Rakyat Papua Provinsi Papua Barat, Cyrilius Adopak menjelaskan sejauh ini pihaknya masih menunggu respon Mendagri dan Gubernur terhadap 6 orang penggugat yang menang hukum dalam putusan Incrah di Mahkama Agung RI.

“Terkait 6 anggota MRP yang akan dilantik pasca keputusan MA, kami kembalikan kepada Keputusan Hukum, karena yang digugat itu Gubenur dan Mendagri,” ungkapnya.

“MRP tetap akan menghormati keputusan Hukum. Kami masih menunggu proses dan mekanisme sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. MRP menunggu sikap Mendagri dan Gubenur” Ucapnya, Kamis (5/9/2019) lalu.

Menurut dia, sesuai arahan kebangpol, MRP secara internal juga harus melihat mekanisme dan proses untuk pelantikan enam orang tersebut.

“Kami menghormati, tetapi juga dalam pelaksanaan, semua lembaga harus menghormati tata tertib mekanisme internal Kelembagaan MRP. Mekanisme itu tak bisa diintervensi oleh siapapun karena itu sesuai dengan tata tertib kelembagaan,” tuturnya.

Dia menambahkan, hingga hari ini MRP belum menerima putusan MA dengan demikian, pihaknya belum dapat mempersiapkan kesiaapan pelantikan.

“Memang informasinya sudah tersebar kemana-mana, jadi kami sudah tahu berdasarkan informasi itu, namun secara kelembaagaan belum,” tandasnya.(me)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adat

Forkopimda Manokwari Akan Mengikuti Prosesi Pelantikan Bupati-Wabub Secara Virtual

Published

on

Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Manokwari, Ivana Roring SST.PAR.

MANOKWARI,JAGATPAPUA.Com– Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Manokwari, Ivana Roring SST.PAR Mengatakan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Manokwari akan mengikuti prosesi Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Manokwari secara virtual.

Hal ini dilakukan karena situasi pandemic covid-19 yang masih mewabah hingga saat ini, sehingga tamu yang ikut dalam gedung pelantikan dibatasi. Namun adanya kebijakan daerah agar pelaksanaan pelantikan dapat diikuti Forkopimda Manokwari tetapi secara virtual, Jumat (26/2/2021) di Gedung Wanita.

“Diperkirakan sekitar 200-300 orang yang ikut serta dalam pelantikan secara virtual tersebut. Selain Forkopimda, pejabat Eselon II, Tim Sukses, partai pengusung juga tokoh masyarakat serta KPU dan Bawaslu,”kata Ivana Kamis (24/2/2021) di Gedung PKK Provinsi PB, Arfai.

Direncanakan setelah pelantikan, Bupati dan wakil Bupati menuju Gedung wanita untuk menyapa para tamu undangan yang mengikuti prosesi pelantikan secara virtual tersebut . Dan pada senin (1/3/2021) akan dilaksanakan pengucapan syukur Pemda Kabupaten Manokwari juga serah terima jabatan bupati.

“Ucapan selamat datang dirangkaikan dengan Serah terima jabatan Bupati di lapangan apel atas Kantor Bupati . Terbuka untuk semua masyarakat karena kita mau batasi tetapi eforia masyarakat kan tidak bisa dibendung. Tetapi intinya kita tetap mematuhi prokes covid-19 ,”tandas Ivana

Dalam acara sertijab juga diawali dengan tarian adat Maluku juga beberapa tarian adat lainnya.(JP/me)

Continue Reading

Adat

H-1 Jelang Pelantikan, Hermus Indou Tinjau Ruang Kerja

Published

on

Bupati Terpilih Hermus Indou SIP.MH saat meninjau ruang kerjanya Di Kantor Bupati Manokwari, Kamis (25/2/2021).

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– Bupati terpilih Kabupaten Manokwari, Hermus Indou S.IP MH menunjau ruang kerjanya yang berada di Lantai II Kantor Bupati Kabupaten Manokwari, di Sowi Gunung Kamis (25/2/2021).

Hermus Indou yang tiba di Kantor Bupati sekira jam 13.00 wit didampingi Calon Ketua PKK Ny. Febelina Wondiwoy juga tim pemenangan Hermus-Budoyo termasuk ketua pengendali Xaverius Kameubun, Ketua DPC PDIP Manokwari Donny Mandacan, mereka disambut Plh Sekda dan Kabag Humas Setda Manokwari, Ivana Roring SST.PAR serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup pemkab Manokwari.

Pada kesempatan itu, Hermus mengatakan mohon dukungan dan kerja sama semua pihak untuk proses pelantikan sehingga berjalan dengan lancar. Pelantikan yang akan digelar besok jumat (26/2/2021) merupakan puncak dari proses politik selama ini. Dan kita siap masuk dalam satu momentum pemerintahan daerah manokwari dalam masa pemerintahan Hermus-Budoyo.

Yang paling penting bagi kita semua adalah bagaimana menepatkan rakyat dalam proses birokrasi. Dalam melaksanakan tugas sebagai birokrat dan pemimpin daerah, kepentingan rakyat adalah perioritas karena suksesnya Pilkada Manokwari tidak terlepas dari dukungan masyrakat terutama untuk HEBO.

Ia meminta dukungan seluruh perangkat daerah dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan Manokwari, sehingga apa yang menjadi visi dan misinya dapat terwujud secara demi kesejahteraan masyarakat Manokwari 5 tahun kedepan sesuai Moto “Manokwari untuk semua, semua untuk Manokwari,”

Sementara Ivana mengatakan, khusus untuk Ruang kerja Bupati Manokwari sudah dipersiapkan secara baik bahkan saat meninjau Bupati telah melihat langsung, tinggal beliau (Bupati) melaksankan tugasnya yang dimulai pada Senin (1/2/2021) pekan depan. (JP/me)

Continue Reading

Adat

Mendagri Setujui, Pelantikan 4 Bupati Besok Secara Tatap Muka Di Manokwari

Published

on

Kepala Biro Pemerintahan dan Otda, Setda Papua Barat, Agustinus Rumbino S.IP., M.Si.

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– Mentri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian telah menyetujui pelaksanaan pelantikan 4 Bupati dan Wakil Bupati terpilih, dilakukan secara tatap Muka di Manokwari, pada Jumat (26/2/2021).

Hal itu diungkapkan Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah (Otda) Setda Provinsi Papua Barat, Agustinus Rumbino S.IP M.Si Kamis (25/2/2021) di Kantor Gubernur PB, Arfai, Manokwari.

“Jadi terkait pelantikan sudah disetujui Mendagri untuk dilaksanakan secara tatap muka untuk 4 Bupati terpilih, baik Bupati Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, dan Kabupaten Raja Ampat,”sebut Rumbino

Menurut Rumbino pelantikan 4 Bupati tersebut dilakukan oleh Gubernur PB Drs Dominggus Mandacan, dan dipusatkan di Gedung Auditorium PKK Provinsi PB, di Arfai pukul 09.30 wit dengan tamu undangan yang sangat terbatas.

“Pelantikan ini sangat ketat aturannya karena pandemi covid-19 sehingga berdasarkan petunjuk Satgas hanya dihadiri oleh 25 orang tamu undangan, karena kita dipantau langsung secara virtual oleh pusat, juga satgas covid-19 Papua Barat.Tetapi untuk tamu, akan ada kebijakan agar bisa dihadiri hingga 50 orang pada pelantikan besok,”ujarnya

Untuk forkopimda masing-masing kabupaten yang tidak ikut dalam gedung pelantikan, pemerintah daerahnya menyiapkan beberapa tempat untuk dapat memantau langsung proses pelantikan tersebut secara virtual. Untuk forkopimda Manokwari disaksikan dari gedung wanita, Mansel di Hotel Aston, Pegaf di Hotel Swisbel, dan Raja Ampat di raja Ampat.

“Untuk persiapan pelantikan sudah hampir rampung, dan geladi resik dilakukan pada sore jam 16.00 wit yang dihadiri oleh Gubernur dan para bupati terpilih yang akan dilantik, serta forkopimda yang akan hadir dalam prosesi pelantikan dimaksud,”tandasnya

Ia juga mengaku, saat ini ke-4 bupati terpilih telah siap, dan khususnya bupati 3 daerah baik Bupati dan Wabub Mansel, Pegaf dan Raja Ampat sudah berada di Manokwari untuk persiapan pelantikan besok.(JP/me)

Continue Reading

Trending

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta