11.9 C
Munich
Senin, Oktober 25, 2021

Sekelompok Orang Diduga Lakukan Survei lokasi Emas Ilegal di Nenei

Must read

MANSEL, JAGATPAPUA. com – Warga Kampung Nenei, Distrik Nenei Kabupaten Manokwari Selatan, sempat didatangi sekelompok orang tak dikenal (OTK).

Kehadiran mereka mengatasnamakan tim survei yang diutus oleh pemerintah untuk mengecek kandungan mineral emas yang terkandung di Kaki Gunung Arfak.

“Kehadiran tim yang beranggotakan lima orang ini sempat membuat kita bingung, karena ini baru kali pertama ada yang mengatasnamakan dari pemerintah melakukan survei lokasi tambang emas di Nenei,” kata Kepala Suku Nenei, Daud Ainusi.

Dia mengatakan peralatan yang dibawa oleh sekelompok orang ini hanya linggis dan sekop, beserta kuali besar dua buah, dan selang panjang. Namun mereka tidak dilengkapi dengan alat pendeteksi kandungan emas.

“Survei lokasi dengan peralatan tradisional tanpa ada alat deteksi, tentu membuat kita curiga, karena alat-alat ini biasanya dipakai oleh pendulang yang datang ingin membodohi masyarakat,” sebutnya.

“Awalnya kedatangan mereka ini kita sempat ingin melapor kepada polisi, namun jarak antara Polsek dan Kampung Nenei cukup jauh. Sehingga tidak jadi melapor,” tukasnya.

Sementara, Yohanis Iba salah satu warga mengaku sempat mengantar sekelompok orang ini ke lokasi yang dianggap masyarakat ada kandungan emasnya.

“Kita jalan sampai ke atas dan sempat saya kasi tunjuk lokasinya. Namun mereka sudah cek dan bilang tempat ini tidak emas, kemudian mereka akan kembali lagi untuk cek tempat lain,” ucapnya.

Mereka berharap pihak pemerintah perlu melakukan sosialisasikan kepada masyarakat, terkait penambangan ilegal, sehingga masyarakat tidak mudah dikelabui.(chl)

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta