4 C
Munich
Sabtu, April 20, 2024

Pj Gubernur Papua Barat Terima Piala UHC Award 2023 Dari Wapres

Must read

JAKARTA, JAGATPAPUA.com– Penjabat Gubernur Provinsi Papua Barat Paulus Waterpauw terima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) award 2023 BPJS Kesehatan yang diarahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin di Jakarta, Selasa (14/3/2023).

UHC Papua Barat per 1 Maret 2023 mencapai 105,2 persen penduduknya, selain Provinsi, Seluruh Kabupaten di Papua Barat juga telah mencapai UHC yakni Kabupaten Fakfak, Kabupaten Kaimana, Kabupaten Manokwari, Kabupaten Manokwari Selatan, Kabupaten Pegunungan Arfak, Kabupaten Teluk Bintuni dan Kabupaten Teluk Wondama.

Secara Umum, lebih dari 248 juta jiwa atau 90,3 persen penduduk Indonesia sudah terlindungi oleh jaminan kesehatan nasional BPJS Kesehatan, hal tersebut membuat Indonesia menjadi salah satu negara dengan kepesertaan jaminan kesehatan terbesar.

Wapres Ma’ruf Amin dalam arahannya mengingatkan empat hal, pertama Pemerintah daerah agar mengambil peran lebih dengan mendaftarkan penduduk rentan ke BPJS Kesehatan, diantaranya penyandang disabilitas, warga lanjut usia dan masyarakat terlantar.

“Kedua, Memastikan seluruh pemberi kerja di wilayahnya untuk mendaftarkan pekerja dan keluarganya sebagai peserta tanpa terkecuali, dan mendorong pekerja di sektor non formal agar mampu membayar iuran secara mandiri,” kata Wapres.

Selanjutnya, Ketiga Mendorong upaya peningkatan mutu layanan kesehatan melalui peningkatan fasilitas kesehatan termasuk SDM kesehatan, sehingga masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan yang bermutu.

“Terakhir, Kepada BPJS kesehatan agar terus meningkatkan layanan kepada seluruh peserta , program JKN harus betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, sekaligus membanggakan bagi Indonesia,” tandas Wapres.

Dalam penyerahan UHC Award yang disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube BPJS Kesehatan tersebut diberikan kepada 22 Provinsi dan 334 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia Indonesia. (jp*)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta