25.1 C
Munich
Senin, April 15, 2024

Pj Gubernur berkomitmen tingkatkan kualitas kesehatan Papua Barat

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com– Penjabat Gubernur Provinsi Papua Barat Paulus Waterpauw terima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) award 2023 dari BPJS Kesehatan yang diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin di Jakarta, Selasa (14/3/2023).

Paulus Waterpauw mengatakan berkomitmen kuat bersama dengan 7 Bupati di Papua Barat untuk terus berupaya memberikan masyarakat hak kesehatan melalui jaminan kesehatan nasional (JKN) BPJS Kesehatan.

“Penghargaan ini sebagai bukti bahwa kami konsen dan memiliki komitmen kuat untuk menjamin kesehatan seluruh masyarakat di Papua Barat melalui BPJS,” ujar Waterpauw saat di hubungi usai menerima UHC Award 2023.

Soal arahan Wapres agar pemerintah daerah berperan dalam mendorong upaya peningkatan mutu layanan kesehatan melalui peningkatan fasilitas kesehatan termasuk SDM kesehatan agar masyarakat menerima layanan kesehatan yang bermutu.

Waterpauw mengaku siap dengan berbagai terobosan, diantaranya melengkapi fasilitas kesehatan dan sumberdaya manusia (SDM) kesehatan dan  bekerjasama dengan rumah sakit swasta dalam memberi layanan kesehatan secara maksimal.

“Upaya di rumah sakit kita terus update fasilitas dan tenaga dokternya, daru 7 Kabupaten hanya satu kabupaten yakni Pegunungan arfak yang belum memiliki rumah sakit daerah, kita juga akan kerjasama dengan rumah sakit swasta yang ada,” Tandas Waterpauw.

UHC Papua Barat per 1 Maret 2023 mencapai 105,2 persen total penduduknya, selain Provinsi seluruh Kabupaten di Papua Barat juga telah mencapai UHC yakni Kabupaten Fakfak, Kabupaten Kaimana, Kabupaten Manokwari, Kabupaten Manokwari Selatan, Kabupaten Pegunungan Arfak, Kabupaten Teluk Bintuni dan Kabupaten Teluk Wondama.(jp*)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta