4.6 C
Munich
Rabu, Februari 28, 2024

Perkumpulan Perempuan Arfak, Pusatkan Tiga Lomba Di Bremi, Uniknya Ada Lomba Meniru Suara Hewan

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– Perkumpulan Perempuan Arfak (PPA) Provinsi Papua Barat kembali menggelar Lomba Cipta menu lokal, dan Tumbuk Tanah.

Uniknya kegiatan kali ini ada Lomba Komunitas Meniru Suara Hewan.

Kegiatan itu dipusatkan di Gedung SD Inpres 60 Kampung Bremi, Distrik Manokwari Utara, Jumat (20/10/2023) dengan melibatkan peserta dari 23 kampung.

Ketua PPA Papua Barat, Indrayanti Y Mandacan mengatakan, pergelaran lomba yang dilaksanakan di wilayah Distrik Manokwari Utara itu untuk merangkul dan mempererat hubungan antara sesama perempuan Arfak.

Hubungan yang sudah dibangun oleh para orang tua terdahulu sangat penting untuk dilanjutkan oleh generasi penerus perempuan Arfak.

Perkumpulan Perempuan Arfak (PPA) Provinsi Papua Barat kembali menggelar Lomba Cipta menu lokal,Tumbuk Tanah dan Lomba Komunitas Meniru Suara Hewan di Gedung SD Inpres 60 Kampung Bremi, Distrik Manokwari Utara, Jumat (20/10/2023).

“Ada tiga lomba yang kita laksanakan dalam kegiatan ini, selain tumbuk tanah dan cipta menu lokal, ada satu lomba yang unik juga yaitu lomba komunitas meniru suara hewan,”sebut Indrayanti Mandacan.

Menurut ia, tentu tak sekedar lomba semata tetapi melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kekerabatan, kerukunan keluarga perkumpulan perempuan arfak di wilayah Manokwari.

“Karena perempuan arfak ini kita banyak, berasal dari berbagai suku Arfak, ada suku Souk, Hatam, Meyah dan Moile. Jadi dengan kegiatan ini kita bisa saling tahu, bisa meningkatkan kekerabatan seperti dulu para orang tua kami lakukan,”ujarnya

Menurut Indrayanti lomba komunitas meniru suara burung tentu menjadi pembelajaran bagi semua bahwasannya dalam membangun komunikasi juga dalam berbagai kegiatan organisasi harus dilakukan dengan baik.

“Tidak hanya mementingkan ego kita masing-masing tetapi harus bisa bekerja sama di dalam kelompok ataupun komunitas dan organisasi. Kita membutuhkan ketelitian, kekompakan dan kerjasama, demi suksesnya sebuah program atau kegiatan,”kata Indrayanti

Sesama manusia tentu saling membutuhkan, sehingga harus saling menghargai itu penting.

Ia berharap melalui kegiatan tersebut adat budaya suku Arfak akan terus dilestarikan. Perempuan Arfak juga bisa bersaing dengan perempuan-perempuan suku lainnya di indonesia.

“Bersaing dalam banyak hal pembangunan baik pendidikan, kesehatan juga UMKM. Semakin kreatif mengembangkan potensi diri untuk maju dan berhasil,”tuturnya.

Perempuan terbaik Arfak ini juga menyampaikan terima Kasih kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya pelaksanaan Lomba tersebut.

“Terima Kasih kami untuk Bapak Penjabat Gubernur Papua Barat. Ibu ketua TP PKK Papua Barat, kepala distrik Manokwari Utara, dan semua kepala kampung serta mama-mama Arfak yang terlibat dalam tiga lomba ini. Tuhan senantiasa memberkati,”ucap Indrayanti.(jp/adv)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta