2.3 C
Munich
Jumat, April 19, 2024

Pergerakan Ekonomi Manokwari Masih di Dominasi Belanja Pemerintah

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Kepala Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Manokwari, Ekwan Dermawan mengatakan, hingga saat ini, pergerakan ekonomi di Manokwari, masih di dominasi oleh belanja pemerintah.

Hal ini dapat dilihat setiap awal tahun berjalan, siklus ekonomi tidak menanjak, dan grafiknya selalu meningkat ketika memasuki akhir tahun.

“Ketika belanja pemerintah belum bergerak, maka secara ekonomi makro juga belum bergerak. Memang ada pergerakan pertumbuhan ekonomi masyarakat, tetapi kecil dan tidak setinggi akhir tahun dimana belanja pemerintah itu dilakukan,” ujarnya, Senin (27/5/2019).

Menurutnya Kondisi ini juga berimbas pada perbankan, dimana pada bulan Mei, Juni, grafiknya mulai naik, dan ini terjadi setiap tahun.

“Penopang utama pertumbuhan ekonomi didukung oleh kegiatan konstruksi. Setelah dana cair dan kegiatan dilakukan, grafik pertumbuhan ekonomi akan bergerak naik,” terangnya.

Ditambahkan, Indicator ekonomi belum mencerminkan pertumbuhan yang signifikan. Ketika ekonomi bergerak, maka perbankkan akan ikut bergerak karena disadari perbankkan adalah simulator. Artinya perbankkan adalah penggerak ekonomi sekaligus digerakan oleh ekonomi.

“Kita tidak bisa lepas dari ekonomi makro maupun mikro,” tutupnya.(me)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta