19.8 C
Munich
Minggu, Juni 23, 2024

Pemprov PB Minta Polisi Tindak Tegas Pelaku Rasisme Ambroncius Nababan

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com-Pemerintah Provinsi Papua Barat meminta kepada pihak Kepolisian agar menindak secara tegas pelaku Rasisme yang dilakukan Ambroncius Nababan kepada Natalius Pigay melalui akun Facebooknya.

“Pelaku dugaan Rasisme kita tahu sedang ditangani pihak kepolisian, dengan demikian kita berharap tidak berdampak secara meluas bagi masyarakat Manokwari maupun Papua Barat secara umum. Masyarakat tetap tenang dan percayakan semua proses ini kepada pihak berwajib,”Ungkap Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani SH.,M.Si Selasa (26/1/2021) kepada Awak media.

Menurut ia, jika kasus ini tidak ditindak secara cepat maka akan berdampak buruk terhadap stabilitas kemanan di Manokwari dan Papua Barat secara Umum.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Papua Barat dengan tegas kami mengutuk perilaku rasis, karena ini merupakan sebuah tindakan yang tidak patuh sehingga kita minta supaya di proses hukum, agar menjadi suatu pembelajaran, karena kasus ini terus berulang,”tegas Lakotani

Sebagai seorang yang memiliki latar belakang pendidikan yang baik dan terpandang mestinya yang bersangkutan tidak bersikap rasis tetapi lebih arif, bijak dalam menyikapi perbedaan pendapat ditengah-tengah masyarakat.

“Kita hidup dalam demokrasi yang tumbuh dengan subur dan baik, perbedaan pendapat itu saya kira sesuatu yang lumrah yang wajar, bahkan kita juga tau bersama ada anggota DPR RI yang dalam forum sidang dewan yang terhormat menolak untuk di vaksin, itu sesuatu yang wajar saja, kemudian saudara Natalius Pigai berpandangan menolak di vaksin itu juga disiasati dengan biasa-biasa saja,”bebernya

Mengantisipasi peristiwa 2019 akibat Rasis terulang kembali dan itu menjadi pembelajaran. Ia mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh perempuan, untuk secara bijaksana menyikapi persoalan ini sehingga tidak merugikan diri kita sendiri.

“Karena dengan bersusah payah kita membangun daerah dan rakyat ini dengan berbagai sumberdaya yang kita miliki, menguras energi, menguras pikiran, tenaga, jangan sampai kemudian pendekatan kita yang berlebihan merugikan kita sendiri,”Imbau Lakotani

Disamping itu, ia mengajak semua pihak untuk memberikan dukungan kepada pihak kepolisian serta meminta keseriusannya untuk memproses pelaku Rasis sesuai Hukum yang berlaku.

“Saya harap hal ini tidak dikaitkan dengan etnis, karena etnis dari pelaku sendiri yang berada di papua mempunyai hubungan sangat baik dengan seluruh masyarakat yang ada di papua barat. Mereka tentu akan mengutuk kejadian atau perilaku ini dan ini perbuatan personal sehingga tidak pantas jika dikait-kaitkan dengan sebuah etnis atau identitas,”harap Lakotani.(JP/me)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta