10.6 C
Munich
Kamis, Mei 23, 2024

Pemprov Gelar Seni dan Budaya Ke VII di Manokwari

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Festival Seni Buday Papua, Ke VII, Pemprov Papua Barat, digelar dalam bentuk perlombaan, di Manokwari, Rabu (9/10/2019).

Festival ini dilaksanakan rutin setiap tahun oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Papua Barat, dengan tujuan untuk melestarikan Seni dan Budaya yang dimiliki oleh setiap Suku bangsa di Papua Barat.

Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan mengatakan para generasi muda yang telah diperhadapkan dengan arus modernisasi yang semakin pesat, Seni dan Budaya Papua, kini berada dalam kepunahan, sehingga perlu dijaga kelestariannya.

“Di jaman moderen ini kita perlu melestarikan Budaya kita jangan sampai kita lupa akan budaya kita. Budaya itu hilang karena ulah pemiliknya sendiri,” ungkap Dominggus.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur berupa sarana dan prasarana, akan sia-sia, jika tidak diimbangi dengan pembangunan kebudayaan itu sendiri.

“Pembentukan karakter dan moral manusia yang berbudaya dan bermartabat itu penting guna menghasilkan generasi manusia Papua yang sehat moralnya dan cerdas, serta beretika mulia,” sebut Dominggus.

Dominggus menambahkan Budaya Papua, ibarat mutiara hitam yang tidur terlelap menunggu sentuhan-sentuhan tangan generasi penerus untuk mengangkatnya kembali, agar dapat menjadi senjata ampuh dalam membangun karakter dan moral sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa

“Budaya merupakan kekayaan penting yang harus dilestarikan dan dijaga dengan baik, dikembangkan dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat,” tandas Dominggus.(chl)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta